Alat Ukur Yang Digunakan Untuk Mengukur Kuat Arus Listrik

Alat Ukur Yang Digunakan Untuk Mengukur Kuat Arus Listrik – Amperemeter adalah alat ukur listrik yang digunakan untuk mengukur besarnya arus yang mengalir pada suatu rangkaian listrik. Untuk mengukur arus, pertama-tama putuskan rangkaian dan kemudian sambungkan masing-masing ke terminal ammeter. Model rangkaiannya adalah rangkaian seri, sehingga arus mengalir langsung melalui amperemeter. Amperemeter umumnya dibagi menjadi ammeter analog dan digital.

Pengukuran kuat arus listrik dilakukan pada suatu rangkaian listrik tertutup dengan menggunakan amperemeter. Ammeter dapat digunakan untuk mengukur arus searah dan bolak-balik. Pengukuran dilakukan dengan terlebih dahulu memutus rangkaian kemudian menyambungkannya kembali dengan cara menyisipkan amperemeter diantara bagian-bagian yang terputus.

Alat Ukur Yang Digunakan Untuk Mengukur Kuat Arus Listrik

Komponen utama amperemeter adalah galvanometer. Umumnya galvanometer bekerja dengan menerapkan gaya Lorentz yang terjadi antara medan magnet dan kumparan yang dialiri arus listrik. Galvanometer mempunyai volume yang sangat besar, sehingga dapat mengukur arus searah walaupun nilainya sangat kecil. Dengan meningkatnya arus yang melalui kumparan, defleksi galvanometer meningkat. Pada amperemeter, galvanometer dihubungkan secara paralel dengan resistor yang hambatan listriknya rendah. Model rangkaian paralel dimaksudkan untuk memperluas jangkauan pengukuran amperemeter.

Besarnya Kuat Arus Listrik Yang Ditunjukkan Amperemeter Di Bawah Ini Adalah

Amperemeter dapat bekerja berdasarkan prinsip kumparan berputar. Komponen utamanya adalah galvanometer yang berbentuk kumparan berputar. Kawat kumparan mengalami torsi ketika arus mengalir melaluinya. Rotasi tersebut disebabkan oleh adanya medan magnet permanen pada amperemeter.

Amperemeter yang menerapkan prinsip besi lunak mempunyai inti besi. Komponen yang dialiri arus listrik akan menimbulkan medan magnet yang menyebabkan besi menjadi termagnetisasi. Magnetisasi menarik besi dan menggerakkan penunjuk.

Arah arus tidak menentukan arah defleksi jarum amperemeter besi lunak, sehingga dapat digunakan untuk mengukur arus bolak-balik.

See also  Mata Katarak Sembuh Tanpa Operasi

Amperemeter yang menerapkan prinsip pemanasan menggunakan kawat yang dapat memuai. Ketika arus listrik mengalir, ukuran kawat bertambah sehingga menyebabkan kawat menjadi panas. Kawat dihubungkan dengan pegas dan penunjuk. Ketika kawat dialiri listrik dan dimuai, kawat meregang dan menyentuh pegas, sehingga menggerakkan penunjuk.

Alat Ukur Kuat Arus

Amperemeter mempunyai hambatan listrik yang sangat rendah. Pada saat pengukuran terjadi penurunan nilai arus listrik yang diukur karena adanya peningkatan nilai hambatan listrik total pada rangkaian listrik. Oleh karena itu nilai arus yang diukur dengan amperemeter lebih kecil dari nilai arus sebenarnya. Hambatan dalam ammeter dapat diabaikan jika hambatan totalnya cukup besar. Arus yang tertera diasumsikan kurang lebih sama dengan arus yang mengalir sebelum amperemeter dipasang. Perubahan nilai arus yang besar dapat terjadi jika hambatan total pada rangkaian sangat kecil. Amperemeter memiliki rentang pengukuran maksimum. Mengukur arus yang melebihi batas amperemeter dapat merusak komponen amperemeter dan menyebabkan kebakaran. Sebelum melakukan pengukuran amperemeter arus yang ingin diukur harus dihitung. Pengukuran dilakukan hanya jika nilai hitung kurang dari batas pengukuran.

Satuan internasional arus listrik adalah ampere. Standar satuan ini pertama kali ditetapkan pada tahun 1893 bersamaan dengan satuan ohm dan satuan volt. Hasil akhir dari pertemuan internasional tersebut adalah penentuan nilai satuan internasional yaitu ampere. Ampere internasional menggambarkan jumlah arus searah yang dapat melewati larutan perak nitrat dalam air yang memenuhi spesifikasi standar. Perak disimpan dengan kecepatan 0,001118 gram per detik. Pada tanggal 1 Januari 1948, dibuatlah standar baru yang menjadi standar mutlak hingga saat ini. Dalam standar absolut, satu ampere internasional didefinisikan sama dengan nilai 0,99835 ampere absolut.

See also  Qiu Qiu Penghasil Uang Dana

Gunakan[edit | sunting sumber ] Pemantauan kekuatan arus listrik pada perangkat listrik [ sunting | edit sumber]

Amperemeter dapat ditemukan pada rangkaian listrik pada perangkat elektronik seperti radio, pemutar kaset, dan amplifier. Jenis arus yang dapat diukur dengan amperemeter adalah arus searah dan arus bolak-balik. Amperemeter juga digunakan untuk mengukur kekuatan arus listrik yang dihasilkan oleh suatu pembangkit listrik.

Docx) Macam Mcam Alat Ukur

Pengukuran hambatan dapat dilakukan secara tidak langsung dengan menggunakan amperemeter. Dikombinasikan dengan voltmeter. Nilai resistansi dihitung ketika pengukuran tegangan dan arus dilakukan secara bersamaan.

Amperemeter dapat digunakan dalam elektrolisis. Proses pengukuran dilakukan dalam bejana yang berisi air suling. Bahan perendamannya menggunakan dua buah elektroda berbahan platina atau nikel. Kedua jenis elektroda tersebut dihubungkan dengan sumber tegangan listrik dan amperemeter. Air sulingan merupakan penghantar listrik yang buruk. Kualitas konduktivitas listrik ditingkatkan dengan menambahkan setetes asam sulfat. Saat melakukan pengukuran, jarum amperemeter bergerak jika arus listrik mengalir melaluinya. Adanya arus yang melalui larutan pada amperemeter dapat dibuktikan dengan mengukur kenaikan suhu pemanas atau peningkatan besarnya medan magnet di sekitar amperemeter.

Dalam laboratorium kimia, amperemeter merupakan salah satu alat yang diperlukan untuk kerja praktek dan penelitian kimia dengan unsur golongan VII. Peralatan praktikum di laboratorium ini sebaiknya terbuat dari logam. Selain itu juga harus ada alat ukur kelistrikan, salah satunya amperemeter.

Sebagai alat uji, amperemeter biasanya disimpan dalam laci atau bentuk lemari tersendiri dalam ruang meteran namun dapat dibuka dengan mudah. Selain itu, tempat penyimpanan harus bersih dan kering serta tidak miring.

Alat Ukur Listrik Adalah Alat Yang Digunakan Untuk Mengukur Besaran

Alat ukur untuk mengukur kuat arus listrik adalah, alat ukur kuat arus listrik, alat ukur untuk mengukur kuat arus listrik, alat ukur yang digunakan untuk mengukur kuat arus listrik adalah, alat yang digunakan untuk mengukur kuat arus listrik, alat ukur yang digunakan untuk mengukur arus listrik, alat yang digunakan untuk mengukur kuat arus listrik adalah, alat ukur untuk mengukur arus listrik adalah, amperemeter digunakan untuk mengukur kuat arus listrik pada sebuah resistor, alat yang digunakan untuk mengukur arus listrik, alat ukur yang digunakan untuk mengukur arus listrik adalah, alat yang digunakan untuk mengukur besarnya kuat arus listrik adalah

See also  Game Yang Dapat Menghasilkan Uang Nyata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *