Apa Penyebab Sakit Leher Bagian Belakang

Apa Penyebab Sakit Leher Bagian Belakang – Sakit leher atau leher bisa mengganggu siapa saja, terutama mereka yang duduk dalam waktu lama dan menunduk saat bekerja di depan meja dan laptop.

Mengapa hal ini sering menjadi salah satu alasan paling umum untuk menemui dokter? Sebab, nyeri punggung dan leher bisa memengaruhi pekerjaan sehari-hari. Selain itu, banyak pekerjaan kini mengharuskan pekerjanya menggunakan ponsel pintar dan komputer sambil duduk.

Apa Penyebab Sakit Leher Bagian Belakang

Nyeri ini bisa terjadi pada leher, leher sebelah kanan, leher sebelah kiri, dan leher bagian depan.

Cara Mengatasi Leher Pegal Karena Posisi Tidur Yang Salah

Leher atau tengkuk juga merupakan sasaran umum nyeri leher dan bahu kanan menyebar di sana.

Orang yang tidur terkadang menyebut leher sebagai leher, oleh karena itu istilah leher kaku atau nyeri leher. Rasa kaku pada area tersebut yang terlihat dari segala sisi.

Sakit punggung dan leher terkadang bisa membaik dengan sendirinya. Tapi jangan anggap enteng. Karena alasannya bisa sangat buruk.

Selain struktur yang kompleks (misalnya saraf tulang belakang, otot, tendon), di daerah leher manusia juga terdapat kelenjar getah bening. Salah satunya berperan dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

Jangan Anggap Sepele Jika Bahu Dan Leher Sakit, Penyakit Ini Mengintai

Gejalanya mungkin terasa ringan pada awalnya, namun bisa memburuk dan membuat gerakan menjadi sulit. Emosi yang ditimbulkannya juga sangat berbeda dengan cerita orang yang mengalaminya.

Cedera akibat terjatuh, baik karena kecelakaan mobil maupun saat berolahraga, juga dapat menimbulkan rasa sakit. Kondisi medis tertentu juga dapat menyebabkan nyeri dan gejala lain pada sendi ini.

Nyeri di daerah leher kanan merupakan tanda adanya penyakit. Hal ini mungkin perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan radiologi seperti MRI. Berdasarkan hasil tersebut, dokter akan menyusun diagnosis dan pengobatan yang tepat berdasarkan gejalanya.

Sebagai tindakan pencegahan, Anda mungkin perlu membiasakan diri menjaga postur tubuh saat duduk. Jangan lupa luangkan waktu untuk melakukan peregangan otot agar terhindar dari kekakuan otot leher.

Penyebab Nyeri Leher, Awas Posisi Tidur Salah Bisa Bikin Otot Tegang!

Ada berbagai cara untuk membantu bersedekah. Misalnya menggunakan kompres hangat atau dingin, menggunakan krim hangat dan mengonsumsi obat pereda nyeri yang diresepkan dokter. Penyebab nyeri leher bisa sangat berbeda. Padahal, itu mungkin pertanda Anda sedang menghadapi penyakit serius. Ada beberapa penyebab sakit leher yang patut Anda ketahui.

Leher yang kaku dan nyeri tentu sangat mengganggu. Keadaan ini dapat menyebabkan tertundanya operasional dan menurunkan produktivitas. Jangan khawatir untuk bergerak, melihat ke kiri dan ke kanan saja sudah terlalu menyakitkan.

Namun apa sebenarnya penyebab sakit punggung dan leher? Sebelum mengetahui penyebab sakit leher, Anda harus tahu bahwa leher memiliki tujuh ruas tulang belakang.

See also  How To Study English Effectively

Tulang-tulang ini dipisahkan oleh semacam “piring” yang mengontrol fungsi gerak dan keseimbangan. Karena memiliki bagian yang berbeda-beda, maka penyebab sakit punggung juga berbeda-beda. Faktor-faktor berikut dapat menyebabkan sakit leher:

Pertolongan Pertama Pada Nyeri Leher Dan Bahu

Nyeri otot merupakan salah satu penyebab utama nyeri punggung dan leher. Menurut Dr. Theresia Rina Yunita, Munculnya nyeri otot di leher bisa disebabkan banyak hal.

Salah satunya akibat kebiasaan buruk, seperti tidur tidak teratur atau terlalu banyak melihat ponsel, ujarnya.

Sakit punggung dan leher bisa disebabkan oleh cedera. Sifat tulang penyusun leher yang fleksibel dan selalu menopang kepala membuatnya sangat rentan mengalami cedera.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan cedera leher, antara lain kecelakaan mobil, paparan olahraga berat, menyelam, dan angkat beban.

Penyebab Tulang Belakang Sering Sakit

Dalam kasus yang parah, cedera bisa menyebabkan patah leher. Hal ini terjadi ketika satu atau lebih tulang belakang patah. Patah tulang leher ini dapat menimbulkan nyeri yang dapat menjalar ke area tulang belakang lainnya.

Sakit leher juga bisa terjadi karena meningitis. Penyakit yang sering disebut radang meningen ini bisa menimbulkan gejala seperti leher pegal dan kaku.

Meningitis adalah peradangan pada selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus.

Gejala nyeri leher pada meningitis biasanya disertai demam, sakit kepala, mual, muntah, dan kepekaan terhadap cahaya.

Sakit Kepala Sebelah Kanan Hingga Leher, Ini Penyebabnya

Kanker yang dapat menyebabkan nyeri leher antara lain kanker sinus, kanker sinus paranasal, kanker laring, kanker mulut, kanker nasofaring, dan kanker kelenjar ludah.

Sakit leher akibat kanker biasanya disertai gejala lain, seperti sariawan, perubahan suara, kesulitan bernapas, nyeri rahang, demam, kelelahan ekstrem, dan penurunan berat badan tanpa sebab.

Spondylosis serviks, atau degenerasi cakram, adalah penyakit yang dapat menyerang tulang belakang leher. Penyakit ini dapat mempengaruhi fungsi tulang belakang sehingga menyebabkan cakram kehilangan volume dan pecah.

Karena tidak bisa berfungsi sempurna, gesekan antar tulang belakang semakin banyak sehingga dapat menyebabkan nyeri dan kaku pada leher.

Benjolan Dan Ciri Ciri Benjolan Di Leher Yang Tidak Berbahaya

Radikulopati serviks biasanya disebabkan oleh saraf terjepit. Jika akar saraf tulang belakang di leher teriritasi atau tertekan, maka dapat menimbulkan nyeri yang menjalar dari leher hingga bahu.

Selain itu, radikulopati serviks juga dimanifestasikan oleh gejala lain seperti kelemahan otot, mati rasa, dan gemetar pada lengan atau tangan.

Sakit leher juga bisa terjadi karena stenosis kanal tulang belakang. Penyakit ini merupakan kelainan tulang belakang yang memberikan tekanan pada akar saraf. Umumnya kekurangan ini terjadi pada bagian leher atau punggung bawah.

Seseorang dengan skoliosis biasanya mengalami nyeri pada leher, punggung, atau kaki. Nyeri seringkali meningkat seiring dengan aktivitas fisik.

See also  Cara Kerja Dinamo Mesin Cuci Front Loading

Penyebab Sakit Leher & Punggung

Ternyata, nyeri leher juga bisa menjadi tanda serangan jantung. Menurut Klinik Cleveland, sakit punggung mungkin mengindikasikan masalah jantung.

Sakit leher ini seringkali disertai gejala serangan jantung lainnya, seperti sesak napas, berkeringat, mual, muntah, dan nyeri pada lengan atau rahang.

Menurut Health Direct, osteoporosis bisa menjadi salah satu penyebab nyeri leher. Meski pengeroposan tulang ini jarang terjadi, namun dapat melemahkan tulang dan menyebabkan patah tulang.

Selain nyeri leher dan patah tulang, osteoporosis juga dapat ditandai dengan hilangnya tinggi badan, postur tubuh bungkuk ke depan, dan nyeri punggung bagian bawah.

Penyebab Munculnya Benjolan Di Leher Sebelah Kanan

Infeksi virus dan bakteri yang menyerang tenggorokan juga dapat menyebabkan peradangan pada leher yang menyebabkan nyeri otot pada leher.

Pilek dan flu akibat infeksi virus dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher.

Jika nyeri yang Anda alami tidak terlalu parah, Anda bisa mengatasi nyeri leher dengan kompres dingin. Pasalnya, kompres dingin dapat membantu mengurangi proses peradangan.

Selain itu, istirahat juga bisa menjadi cara menghilangkan sakit leher. Cobalah untuk berbaring dan jaga leher Anda senyaman mungkin.

Sakit Leher Dan Pundak Sebelah Kanan Apa Penyebabnya?

Jangan lupa, meregangkan otot leher juga bisa menjadi salah satu cara mengurangi nyeri leher saat menoleh. Anda bisa memutar leher secara perlahan ke kiri dan ke kanan dalam waktu singkat.

Jika nyeri leher terus berlanjut, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf. Setelahnya, dokter akan melakukan serangkaian tes dan menentukan rencana pengobatan.

Jika ingin lebih praktis, #Jaga Kesehatan dengan menggunakan layanan Tanya ke Dokter di aplikasi untuk konsultasi langsung. Banyak orang pernah mengalami sakit leher. Kalau sakit leher sebelah kiri atau sakit leher sebelah kanan. Situs Healthline menyebutkan bahwa nyeri leher sebelah kanan seringkali disebabkan oleh penyebab kecil.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti posisi tidur yang salah atau postur tubuh yang buruk. Masalah ini bisa menimpa seseorang selama beberapa hari.

Nyeri Leher Bisa Jadi Tanda Komplikasi Covid 19

Hal ini biasanya dilakukan dengan menggunakan bantal berlapis sehingga leher orang tersebut lebih tinggi dibandingkan bagian tubuh lainnya.

Hal serupa juga bisa terjadi jika Anda cenderung tidur miring ke kanan namun menggunakan bantal yang tipis.

Pada kondisi ini, kepala biasanya menoleh ke samping dalam waktu lama. Hal ini menyebabkan rasa sakit di sisi kanan leher.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan penggunaan kasur. Kasur empuk sangat nyaman. Namun kasur yang terlalu empuk dibandingkan bagian tubuh lain juga bisa menyebabkan masalah pada leher.

Sering Mengalami Nyeri Pada Bagian Belakang Kepala ? Kenali Gejala Neuralgia Oksipital !

Seringkali, nyeri otot menjadi salah satu penyebab utama nyeri leher. Seorang ahli bedah saraf dari Baptist Health Neoscience Center, Dr. Jobyna Whiting, M.D., menjelaskan nyeri otot bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk seseorang. Misalnya, ketika Anda memilih laptop, ponsel, dll, Anda terlalu sering atau terlalu lama berada di posisi yang sama.

See also  Download Apk Nonton Anime Sub Indo Lengkap

Ketakutan atau stres secara tidak langsung dapat menimbulkan ketegangan pada otot di area bahu dan leher kanan. Jadi, cobalah bersikap tenang saat menghadapi masalah. Tenangkan suasana hati Anda dengan meditasi dan inhalasi aromaterapi.

Ada berbagai masalah degeneratif terkait usia atau masalah kesehatan lain yang berhubungan dengan persendian, otot, tulang belakang, dan bagian leher lainnya yang dapat menimbulkan nyeri. Terkadang rasa sakitnya bisa menjalar ke area lengan.

Komplikasi yang umum terjadi antara lain arthritis, neuralgia, peradangan saraf atau sendi, dan patah tulang leher rahim.

Leher Belakang Sering Kesemutan, Tandanya Kolesterol Tinggi?

Fraktur tulang belakang leher adalah suatu kondisi tulang dimana tulang belakang leher patah atau tergeser akibat trauma seperti kecelakaan sepeda motor atau cedera olahraga yang serius.

Kondisi ini disebut juga whiplash. Gerakan tiba-tiba ini juga bisa menyebabkan nyeri pada leher sebelah kanan. Whiplash atau gkan mendadak adalah jenis pukulan leher yang membuat kepala tersentak ke depan lalu ke belakang dengan gkan yang sangat cepat.

Menurut Mayo Clinic, pleksus brakialis merupakan rangkaian saraf yang bertugas mengirimkan sinyal dari tulang belakang ke bahu, lengan, dan tangan.

Cedera pada pleksus brakialis ini dapat terjadi ketika saraf ini tertarik secara tidak sengaja, atau pada kasus yang parah dapat terjadi pecah atau pecahnya sumsum tulang belakang.

Leher Kaku Dan Sakit Kepala Adalah Gejala Meningitis, Tapi Bisa Juga Gejala Penyakit Biasa! Apa Bedanya?

Biasanya hal ini disebabkan oleh kecelakaan atau cedera olahraga yang menyebabkan cedera serius pada tubuh. Cerebral palsy di area ini dapat menyebabkan nyeri leher sebelah kanan.

Ikuti juga artikel menarik lainnya. Jika ingin mengetahui berita menarik lainnya jangan sampai ketinggalan, pantau terus berita terkini dari dan follow semua akun media sosial! Itu tidak membuatmu mengerti, tidak membuatmu merasa nyaman… Apa? pernahkah kamu merasakan sakit?

Penyebab sakit kepala bagian belakang dekat leher, apa penyebab sakit pada leher bagian belakang, apa yang menyebabkan leher bagian belakang sakit, penyebab sakit kepala bagian belakang dan leher, apa obat sakit leher bagian belakang, penyebab sakit leher bagian kiri belakang, penyebab sakit leher bagian belakang sebelah kiri, apa penyebab leher bagian belakang sakit, apa penyebab sakit kepala bagian leher belakang, penyebab sakit kepala bagian belakang atas leher, sakit bagian leher belakang, penyebab sakit kepala bagian belakang sampai leher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *