Buah Buahan Yang Tidak Baik Untuk Penderita Diabetes

Buah Buahan Yang Tidak Baik Untuk Penderita Diabetes – Tak jarang penderita diabetes kebingungan saat mengonsumsi buah. Pasalnya, banyak buah-buahan yang memiliki rasa manis sehingga dikhawatirkan akan meningkatkan kadar gula darah.

Namun menurut ahli gizi klinis Primaya Hospital Tangerang dr Yohan Samudra SPGK, buah merupakan camilan yang baik untuk penderita diabetes.

Buah Buahan Yang Tidak Baik Untuk Penderita Diabetes

“Karena buahnya kaya akan vitamin dan mineral, serat, dan fitokimia antioksidan,” kata Yohan melalui pesan singkat yang diterima, Jumat (13/11/2020).

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan

Yojana mengakui buah mengandung fruktosa, namun serat pada buah memperlambat penyerapan fruktosa.

Oleh karena itu, kadar gula darah tidak meningkat secara cepat. Tak hanya itu, serat juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Secara umum, buah-buahan yang banyak serat baik untuk memperlambat penyerapan nutrisi dalam tubuh agar gula darah tidak melonjak. Berikut beberapa di antaranya:

Yohan mengatakan, jika penderita diabetes sudah mengonsumsi obat atau suplemen diabetes dari dokter, sebaiknya tetap memilih makanan yang tidak menambah beban penyakitnya.

Sayuran Rendah Gula Untuk Diet Dan Penderita Diabetes

“Kalau memang mau, sebaiknya jumlahnya lebih sedikit, atau dicampur dengan sumber protein seperti daging atau kacang-kacangan dalam bentuk sayur dan salad,” pungkas Yohan.

Dapatkan berita terpilih dan berita terkini setiap hari. Yuk gabung di Grup Telegram “News Update” Klik link https://t.me/comupdate dan gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Berita Terkait Apa Penyebab Diabetes Remaja? Begini kata para ahli: Ibu berisiko terkena diabetes jika melahirkan bayi di atas 4kg, bagaimana caranya?Hati-hati Obesitas Picu Diabetes, Ini 3 Alasannya… Mitos atau Fakta: Sering Buang Air Kecil di Malam Hari Apakah Itu Pertanda menderita diabetes? , Stres pada penderita diabetes Ada banyak jenis makanan yang bisa meningkatkan kadar gula darah, bagaimana caranya?, bagi penderita diabetes ada makanan yang baik dan buruk. Mengetahui hal ini penting untuk menjaga kadar gula darah tetap normal dan stabil. Oleh karena itu, penderita diabetes disarankan untuk sangat berhati-hati dalam menjaga pola makan.

Kepatuhan terhadap pola makan penting bagi setiap pasien diabetes. Pasalnya, tingginya kadar gula darah pada penderita penyakit ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti kelelahan, kerusakan saraf, infeksi dan cedera, serta kehilangan kesadaran atau koma.

Buah Yang Tidak Disarankan Bagi Penderita Diabetes

Selain pengobatan, pengobatan diabetes juga harus dilakukan dengan mengikuti pola makan khusus yang disebut terapi nutrisi medis. Dengan pengobatan ini, penderita diabetes dianjurkan mengonsumsi makanan bergizi rendah lemak dan kalori agar kadar gula darahnya tetap terkendali.

See also  Kutil Di Leher Dan Ketiak

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, makan tanpa nasi putih membuat mereka tidak puas. Faktanya, penderita diabetes sebaiknya menghindari makanan ini terutama karena memiliki jumlah gula yang lebih besar dibandingkan sumber karbohidrat lainnya.

Selain nasi putih, ada beberapa makanan yang harus dihindari untuk menjaga kadar gula darah:

Jika Anda menderita diabetes, disarankan untuk mengonsumsi makanan buatan sendiri. Dengan cara ini, Anda dapat melacak bahan mentah dan bahan tambahan apa yang digunakan.

Pola Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Selain berhati-hati dalam mengonsumsi makanan, disarankan untuk memeriksakan kadar gula darah secara rutin setiap 3 bulan sekali dan menjaga pola hidup sehat.

Dengan pola makan yang sehat, olahraga, dan pengobatan yang tepat, kadar gula darah dapat dikontrol dengan lebih mudah sehingga mengurangi risiko komplikasi diabetes.

Penderita diabetes harus sangat berhati-hati dalam memilih dan mengonsumsi makanan. Jika Anda memerlukan saran mengenai menu atau porsi makanan untuk penderita diabetes, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Kebenaran di Balik Mitos Ibu Hamil Muda Minum Air Kelapa Tidak Baik untuk Bayi Pemasaran RS BUN Diabetes bisa terjadi jika organ pankreas tidak memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau organ tersebut tidak memberikan insulin dengan baik. Hal ini menyebabkan kadar glukosa darah pada penderita diabetes meningkat lebih dari kadar gula normal orang. Oleh karena itu, penderita diabetes sebaiknya membatasi makanan tertentu yang mengandung gula dalam bentuk karbohidrat sederhana (bukan karbohidrat kompleks). Dengan kata lain, penderita diabetes perlu mengontrol seluruh asupan gula, termasuk gula dari buah-buahan tertentu.

Sindografis: 10 Buah Rendah Gula Terbaik Untuk Penderita Diabetes

Durian mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan. Namun, siapa sangka buah ini tidak disarankan dikonsumsi oleh penderita diabetes. Mengonsumsi durian dalam jumlah banyak bisa berbahaya bagi penderita diabetes. Karena durian mengandung fruktosa atau gula alami, maka tinggi kalori dan karbohidrat.

100 gram daging durian mengandung 27 gram karbohidrat, 147 kalori, dan 5 gram lemak. Mengonsumsi durian pada penderita diabetes dapat menyebabkan peningkatan gula darah secara tiba-tiba. Hal ini dapat berbahaya bagi tubuh dan jika dibiarkan dalam jangka waktu lama dapat memicu terjadinya sindroma

Penderita diabetes bisa mengalami pembekuan darah. Ini terjadi ketika kadar gula darah 600 mg/dL atau lebih tinggi. Pada tahap ini, tubuh korban berusaha membuang kelebihan gula dalam urin sehingga menyebabkan korban mengalami dehidrasi. Jika gejala ini tidak diobati, gejala ini dapat memburuk dan menyebabkan koma dan kematian. Sekitar 21 persen penderita diabetes mengalami komplikasi penyakit jantung, masalah ginjal, dan stroke, yang semuanya berhubungan negatif dengan tingginya kandungan gula durian.

See also  Cara Belajar Membaca Al Fatihah

Penderita diabetes yang mengalami kenaikan kadar gula secara tiba-tiba ditandai dengan mulut kering dan haus, mata berair, detak jantung cepat, kaki dan tangan dingin, demam, kebingungan, kelemahan pada salah satu sisi tubuh, kejang, pingsan, dan koma. Jika penderita diabetes mengonsumsi durian, tidak semua gejala tersebut akan langsung muncul, namun untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya menghindari makan durian, apalagi dalam porsi besar.

Manfaat Brokoli Bagi Penderita Diabetes Dan Cara Mengolahnya

Padahal, jika Anda menderita diabetes, bukan berarti Anda tidak boleh makan durian terus-menerus. Faktanya, indeks glikemik biji durian hanya sebesar 55, sehingga masuk dalam kelompok makanan rendah gula. Bahkan, nilai indeks tersebut lebih rendah dibandingkan nasi putih yang nilainya 65. Namun jarang sekali seorang pemakan durian merasa puas dengan satu atau dua biji durian. Biasanya seseorang yang makan durian “lupa diri” dan mengonsumsinya secara berlebihan. Jadi penderita diabetes punya aturan yang harus dipatuhi jika ingin makan durian.

Pertama, penderita diabetes harus memperhatikan berapa banyak karbohidrat (gula) yang mereka konsumsi dan batasan apa yang harus dipatuhi. Penderita diabetes boleh mengonsumsi durian dalam porsi kecil atau maksimal 2 buah. Daging buah biji durian mengandung 8 gram gula pasir yang terdiri dari karbohidrat. Ini setara dengan gula yang terdapat pada apel atau pepaya. Kandungan glukosa pada durian dapat meningkatkan kadar gula darah dan memperburuk gejala diabetes.

Sedangkan tips lainnya adalah dengan mengonsumsi mentimun, sayuran hijau, dan tomat sebelum mengonsumsi durian. Hal ini dimaksudkan untuk mengenyangkan perut dan mengekang keinginan makan durian lebih banyak. Jika Anda ngotot makan durian, sebaiknya kurangi makanan lain yang tinggi karbohidrat (gula). Ingat juga bahwa makan durian dapat menghambat efektivitas pengobatan diabetes, sehingga sebaiknya berhati-hati terhadap kemungkinan komplikasi.

Mangga merupakan buah yang mudah didapat di seluruh belahan dunia. Banyak orang menyukai warna dagingnya, manis dan asam sekaligus. Saat menyantap mangga, Anda pasti akan merasakan rasanya yang sangat manis dan kuat. Hal ini menandakan tingginya kandungan gula pada buah mangga.

Jenis Buah Buahan Rendah Gula Dan Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Faktanya, mengonsumsi mangga dalam batas normal tidak mempengaruhi kadar glukosa pada penderita diabetes. Apalagi karena kandungan serat pada buah mangga sehingga menghambat proses penyerapan gula dalam tubuh. Jadi proses peningkatan gula tidak meningkat secara drastis. Pengurus Besar Persatuan Diabetes Indonesia (PB PERSADIA) menjelaskan, kandungan gula dan kalori pada buah mangga dapat meningkatkan kadar gula darah pada manusia, sehingga penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya.

Sebagian orang menganggap rasa manis mangga itu menyehatkan sehingga masyarakat mengkonsumsinya dalam jumlah banyak, padahal hal tersebut salah dan berbahaya bagi kesehatan. Bagi penderita diabetes, jumlah mangga yang dianjurkan adalah dua potong mangga atau minimal setengah buah mangga berukuran sedang (85 gram). Tema ini bukan untuk memuaskan hasrat makan mangga, melainkan untuk mencicipinya. Perlu diingat juga bahwa mengonsumsi buah mangga utuh saja sudah cukup untuk meningkatkan gula darah pada penderita diabetes, yang tentunya dapat menimbulkan akibat berbahaya jika terus berlanjut.

See also  Cara Mengembalikan Foto Whatsapp Yang Sudah Dihapus

Beberapa dampak negatif dari kadar gula darah tinggi antara lain infeksi gusi dan gigi, masalah kulit, penyakit tulang, kerusakan saraf, dan peningkatan risiko penyakit terkait jantung dan pembuluh darah. Untuk mengurangi risiko tersebut, pastikan Anda mengonsumsi mangga dan makanan kaya serat dan protein.

Mengonsumsi makanan tinggi protein dan serat serta buah mangga yang kaya akan karbohidrat (gula) dapat menurunkan lonjakan gula darah. Dengan kata lain, gula darah dapat dikontrol dengan strategi pola makan tertentu. Misalnya saja setelah mengonsumsi setengah buah mangga, Anda bisa mengonsumsi telur, keju, atau kacang-kacangan untuk menetralkan gula darah.

Coba Konsumsi Ini, Makanan Untuk Penderita Diabetes

Buah berikutnya yang tidak boleh dimakan oleh penderita diabetes adalah semangka. Banyak orang yang tertarik dengan buah semangka karena rasanya yang manis dan segar serta harganya yang terjangkau. Kata “tidak boleh” mengacu pada tingginya indeks glikemik buah melon, yaitu 76, sehingga memiliki kandungan gula yang tinggi. Meski semangka mengandung banyak nutrisi, namun tetap tidak disarankan bagi penderita diabetes parah untuk mengonsumsi buah ini.

Jika penderita diabetes tetap ingin makan semangka, kuncinya adalah mengonsumsinya dalam porsi lebih kecil. Selain itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang tinggi lemak sehat, serat, dan protein. Beberapa makanan yang mengandung nutrisi tersebut adalah kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, daging merah, dan unggas. Mengonsumsi beragam makanan tersebut dapat mengurangi efek negatif tingginya kadar glukosa pada semangka.

Catatan lain yang perlu Anda ikuti adalah makan semangka satu jam setelah makan berat akan mengurangi area makan di perut Anda.

Buah yang baik dikonsumsi penderita diabetes, buah buahan yang boleh dimakan penderita diabetes, buah buahan yang bagus untuk penderita diabetes, buah buahan yang harus dihindari penderita diabetes, buah buahan yang tidak boleh dimakan penderita diabetes, buah buahan untuk penderita diabetes, buah yang tidak baik untuk penderita diabetes, buah buahan yang aman untuk penderita diabetes, buah yang baik untuk penderita diabetes, buah-buahan yang baik untuk penderita diabetes, buah buahan bagi penderita diabetes, buah buahan yang cocok untuk penderita diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *