Cara Agar Tidak Berkeringat Berlebihan

Cara Agar Tidak Berkeringat Berlebihan – Halodoc, Jakarta Berkeringat mempunyai fungsi penting yang membantu mengatur suhu tubuh. Namun bila tubuh tidak butuh kedinginan melainkan berkeringat, dokter mengira biasanya keringat berlebih.

Bagi sebagian orang, kondisi kesehatan seperti itu bukanlah pertanda ketakutan, melainkan aktivitas sehari-hari yang memengaruhi kualitas hidup. Penyebab telapak kaki berkeringat seringkali dikaitkan dengan penyakit jantung, namun ada faktor lain yang bisa memicunya, salah satunya adalah obesitas.

Cara Agar Tidak Berkeringat Berlebihan

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab telapak tangan berkeringat, salah satunya adalah hiperhidrosis, yaitu kelenjar yang memproduksi keringat terlalu banyak sehingga orang yang mengalami keringat berlebih di telapak tangan sering kali menghindari pergaulan dan aktivitas tertentu. Kondisi kesehatan seperti ini patut diwaspadai karena dapat memicu gangguan kesehatan lainnya.

Penyebab Telapak Tangan Berkeringat Dan Cara Mengatasinya

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab berkeringat, gejala dan pemicunya. Jika Anda mengalami keringat berlebih pada telapak tangan, segeralah memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Masalah kesehatan seperti hiperhidrosis primer menjadi salah satu penyebab telapak tangan berkeringat. Gangguan berkeringat jenis ini tidak terlihat pada penyakit tertentu yang menyebabkan gangguan saraf. Namun, saraf yang bertanggung jawab memberi sinyal pada kelenjar keringat menjadi terlalu aktif. Saat mengalami stres atau ketakutan, keluhan berkeringat semakin parah. Gangguan hiperhidrosis primer juga menyerang telapak tangan, telapak kaki, dan wajah.

Hiperhidrosis sekunder menyeluruh merupakan penyebab telapak tangan berkeringat karena kondisi kesehatan tertentu. Keringat berlebih juga bisa dipengaruhi oleh penyakit lain seperti menopause, hipertiroidisme, diabetes melitus (neuropati perifer) atau stroke. Mengonsumsi obat-obatan seperti antihipertensi dan antidepresan juga dapat menyebabkan hiperhidrosis.

Faktor psikologis juga sering menjadi pemicu dan penyebab telapak tangan berkeringat. Keadaan mental yang dimaksud adalah perasaan khawatir, cemas, stres, dan panik. Jika keadaan ini terus berlanjut, efeknya akan meningkatkan produksi keringat terutama di bagian telapak tangan. Siapa pun yang memiliki masalah atau takut tampil berbicara di depan umum pasti mengalami telapak tangan basah. Hal ini terjadi karena tubuh melepaskan hormon bernama kortisol yang meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh.

Cara Mencegah Keringat Berlebihan Saat Cuaca Semakin Panas

Kadar hormon tiroid yang tinggi juga bisa menyebabkan telapak tangan berkeringat. Gejala yang terjadi juga disertai dengan penurunan berat badan berlebihan dan sering jantung berdebar. Keluhan telapak tangan berkeringat masih terjadi pada cuaca dingin dan tidak menimbulkan keringat. Oleh karena itu, waspadai segala gangguan tiroid. Jika terjadi kelainan dan menyebabkan tiroid menjadi terlalu aktif, maka metabolisme tubuh bisa diperkirakan berada pada titik tertinggi.

See also  Nonton Streaming Film Korea Sinkhole Sub Indo

Telapak tangan berkeringat juga terjadi saat kadar gula darah rendah. Kadar gula darah yang rendah dapat memicu produksi keringat yang tidak normal. Kondisi kesehatan ini berhubungan dengan diabetes, terutama ketika seseorang menyuntikkan insulin atau obat diabetes yang disebut sulfonilurea. Ketika kadar gula darah turun terlalu rendah, hal itu menghasilkan adrenalin berlebih dan merangsang produksi keringat. Begitu kadar gula darah kembali normal, produksi keringat terhenti.

Drysol merupakan aluminium klorida yang dapat dioleskan pada tangan setiap siang dan malam untuk mengatasi keringat berlebih pada telapak tangan. Biarkan selama 6-8 jam untuk hasil maksimal.

Botox adalah suntikan yang digunakan untuk lengan dan ketiak. Pada lengan dan ketiak, perawatan jenis ini memerlukan beberapa suntikan Botox dalam satu sesi. Kondisi seperti ini biasanya sangat efektif dalam mengurangi keringat, namun pengobatan harus berlangsung selama 3-6 bulan.

Cara Atasi Keringat Berlebih Secara Alami

Iontophoresis merupakan salah satu sistem yang digunakan untuk menempatkan tangan atau kaki di dalam air dengan arus listrik DC tegangan rendah. Dibutuhkan 30 menit, tiga hari seminggu. Bagi pasien yang aktif, manfaatnya bersifat sementara, namun bila pengobatan dihentikan, hiperhidrosis juga akan kembali muncul.

Obat anticemas juga digunakan untuk mengatasi telapak tangan yang berkeringat, namun obat tersebut hanya berperan kecil dalam mengatasi hiperhidrosis karena stres dan kecemasan dapat meningkatkan keringat, bukan penyebab utamanya.

Psikoterapi memainkan peran yang sangat kecil dalam pengobatan hiperhidrosis, karena stres dan kecemasan dapat meningkatkan keringat, bukan penyebab utama dari kondisi tersebut.

Obat pengering adalah pil yang bisa diminum untuk mengeringkan keringat, namun pasien mengeluh obat tersebut menyebabkan mulut kering dan mata kering.

Cara Mengatasi Keringat Berlebih Yang Bikin Gak Pede, Buruan Cari Tahu Sekarang Juga!

Selain perawatan non-bedah, ada operasi yang dilakukan untuk hiperhidrosis selama 70 tahun. Perawatan pertama adalah prosedur 2 jam yang melibatkan sayatan dada dan tulang rusuk. Namun, saat operasi hanya dilakukan pada satu sisi dan terasa nyeri sehingga pasien harus dirawat di rumah sakit.

Saat ini, prosedur ini dilakukan dengan pembedahan invasif minimal dan juga sebagai prosedur rawat jalan. Ada beberapa metode pengobatan bedah hiperhidrosis, antara lain pemotongan saraf, serta pengangkatan saraf. Metode yang paling umum digunakan adalah sayatan saraf.

* Fakta atau tipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang tersebar, silahkan ketik kata kunci yang diinginkan KOMPAS.com ke nomor cek fakta WhatsApp 0811 9787 670 – Biasanya ketika kita selesai berolahraga atau melakukan aktivitas berat, tubuh mengeluarkan keringat sebagai salah satu cara untuk mengatur suhu. .

Namun pada beberapa kasus, ada orang yang mengeluarkan keringat berlebih jika dibandingkan dengan orang lain yang melakukan hal serupa.

See also  Journal Of Engineering Science And Technology

Cara Alami Mengatasi Tangan Berkeringat

Bahkan seringkali membuat kita kurang percaya diri karena baju di bagian ketiak, punggung, atau bahu basah.

Tak hanya itu, keringat berlebih juga membuat kita tidak nyaman karena tubuh mengeluarkan bau yang tidak sedap sehingga membuat orang di sekitar kita tidak nyaman.

Jika tubuh Anda memproduksi terlalu banyak keringat, Anda mungkin menderita hiperhidrosis, suatu kondisi di mana kelenjar keringat di tubuh terlalu aktif.

Hal ini dapat menyebabkan tubuh berkeringat di area yang tidak diinginkan – seperti ketiak atau punggung – dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Cara Mengatasi Tangan Berkeringat

Karena kondisi ini bisa dialami oleh banyak orang, tentunya kita perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasi keringat berlebih.

“Saat kita berkeringat banyak, itu dianggap sebagai respons sentral yang tidak normal atau berlebihan terhadap rangsangan emosional atau fisik yang normal,” kata Holtz.

Telapak tangan, telapak kaki, ketiak, wajah, dada, punggung, dan selangkangan merupakan area yang cenderung banyak mengeluarkan keringat.

Saat kita berolahraga, detak jantung kita meningkat dan ini merangsang kelenjar keringat dan tubuh mulai berkeringat.

Memiliki Wajah Yang Mudah Berkeringat? Berikut Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Saat suhu naik, tubuh cenderung berkeringat, dan udara panas serta lembab membuat keringat dari tubuh menguap.

Obat-obatan tertentu dapat membuat Anda berkeringat, seperti antidepresan, obat antiinflamasi nonsteroid atau NSAID, obat tekanan darah, dan obat diabetes.

Jika Anda merasa hal tersebut tidak normal, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan alternatif atau solusi lainnya.

Hal ini membuat hipotalamus, area otak yang mengatur suhu, kesulitan mengetahui apakah tubuh harus didinginkan atau tidak.

Cara Mengurangi Keringat Berlebih Saat Musim Kemarau

Namun saat demam mulai mereda, kita merasa panas dan berkeringat saat tubuh berupaya mengembalikan suhu ke normal.

Begitu pula saat kita mengonsumsi makanan pedas seperti sambal dan jalapeño yang dapat merangsang kerja kelenjar keringat.

“Jika kita minum dua cangkir kopi, kita harus minum dua gelas air untuk menyeimbangkannya dan tetap terhidrasi,” kata Holtz.

Untuk mengetahui penyebab tubuh mengalami hiperhidrosis, kita perlu mengalami kondisi ini setidaknya selama enam bulan dan menyingkirkan penyebab medis lainnya.

Penyebab Telapak Tangan Berkeringat, Tanda Sakit Jantung?

Meskipun kita dapat mencegah dan mengatasi keringat berlebih di tubuh, Holtz merekomendasikan tips berikut ini:

Ia menyarankan masyarakat mengenakan pakaian berbahan katun dan pakaian longgar agar sirkulasi udara baik.

Karena hiperhidrosis membutuhkan waktu untuk sembuh, Holtz mengimbau mereka yang mengalaminya untuk tidak stres dan segera memeriksakan diri ke dokter.

Dapatkan update berita harian dan berita pilihan dari Kompas.com. Gabung di grup Telegram “Update Berita Kompas.com”, klik link https://t.me/kompascomupdate lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda. Beberapa orang mempunyai masalah dengan keringat berlebih atau hiperhidrosis. Saat menghadapi hal ini, telapak tangan dan telapak kaki mengeluarkan banyak keringat yang seringkali terasa nyeri.

See also  Cara Mengedit Foto Yang Ada Tulisannya

Keringat Deras Di Ketiak Selama Berhijab? Kamu Tak Perlu Khawatir Lagi

Banyak orang yang mengalami masalah keringat berlebih di tangan dan kaki, lalu bagaimana cara terbaik untuk mengatasinya?

Kekurangan magnesium dapat menyebabkan telapak tangan dan kaki berkeringat. Oleh karena itu, perbanyak asupan magnesium dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi ini, seperti almond, alpukat, pisang, kacang-kacangan, dan kacang mete.

Minyak kelapa adalah antiperspiran yang bagus untuk mengatasi telapak tangan dan kaki yang berkeringat. Aromanya yang menenangkan membuat tangan dan kaki Anda segar. Untuk menggunakannya, ambil sedikit minyak kelapa dan oleskan pada tangan dan kaki Anda yang berkeringat.

Sifat astringent dan mendinginkan pada tomat membantu mengendalikan keringat berlebih di telapak tangan dan kaki. Tomat mengecilkan pori-pori dan menyumbat saluran yang menghasilkan keringat. Untuk memanfaatkan tomat untuk mengatasi masalah keringat berlebih di tangan dan kaki, potonglah tomat menjadi dua bagian dan oleskan pada area yang berkeringat.

Cara Menghilangkan Bau Badan Dan Keringat Berlebih, Wajib Dicoba!

Lemon merupakan cara mudah mengatasi tangan dan kaki berkeringat. Lemon mengusir bakteri dan menjaga telapak tangan dan kaki Anda harum dan segar.

Tambahkan jus lemon ke dalam segelas air, celupkan kain ke dalamnya dan oleskan pada telapak tangan dan kaki. Biarkan selama 20 menit dan Anda akan mendapatkan telapak tangan dan kaki yang bebas keringat dan harum.

+1 Resiko Infeksi Heartworm Yang Harus Anda Ketahui 07 Nov 2022 | Helmisehat A-Z +1 Hepatitis C pada Wanita, Apa Gejala dan Prevalensinya? 26 Desember 2020 | Claudia Sehat A-Z Keringat berlebihan bisa menjadi tanda adanya kondisi medis tertentu. Pelajari lebih lanjut penyebab keringat berlebih di sini.

Berkeringat merupakan kondisi yang normal dan bisa dialami oleh siapa saja, apalagi jika suhu sedang panas. Namun, ada sebagian orang yang sering mengeluarkan keringat berlebih.

Cara Mengatasi Tangan Berkeringat: Panduan Lengkap

Beberapa orang bahkan berkeringat

Cara mengatasi tangan berkeringat berlebihan, cara mengatasi ketiak berkeringat berlebihan, cara mengatasi wajah berkeringat berlebihan, cara agar tidak berkeringat, cara agar badan tidak berkeringat berlebihan, cara mengatasi berkeringat berlebihan, cara agar tidak bau badan saat berkeringat, agar tidak berkeringat berlebihan, cara supaya tidak berkeringat berlebihan, cara agar ketiak tidak berkeringat, cara agar tidak cemas berlebihan, cara mengatasi agar tidak berkeringat berlebihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *