Cara Membuat Formulir Di Google Form

Cara Membuat Formulir Di Google Form – Memasukkan data dalam jumlah besar tentu merepotkan dan memakan banyak waktu. Misalnya, Anda bertugas menyebarkan kuesioner atau survei tentang kepuasan pelanggan terhadap produk perusahaan Anda. Tentu Anda akan kesulitan mengumpulkan data jika jumlah pelanggannya membingungkan.

Nah, seiring kemajuan teknologi, pekerjaan mengumpulkan dan memasukkan data menjadi lebih mudah dengan bantuan Google Form. Ya, formulir tersedia dalam format digital dan dapat dibuat serta didistribusikan secara online. Dengan cara ini, jangkauan orang atau pelanggan yang mengisi formulir menjadi lebih luas dan respon yang Anda terima pun meningkat.

Cara Membuat Formulir Di Google Form

Dalam konteks profesional, banyak perusahaan dan individu menggunakan Google Formulir untuk mempermudah pekerjaan mereka. Selain itu, Google Form juga dapat digunakan untuk membangun hubungan dengan pelanggan atau pengguna.

Cara Membuat Soal Di Google Form

Jadi apa sebenarnya Google Formulir itu? Apa saja fungsi dan cara membuat Google Form? Sekarang mari kita simak pembahasannya berikut ini.

Google Formulir adalah sumber daya Google yang dapat digunakan secara gratis untuk penelitian online dan urusan administrasi. Layanan ini banyak digunakan di berbagai bidang. Mulai dari bisnis hingga pendidikan.

Dalam lingkungan profesional, Google Formulir sering digunakan sebagai platform untuk mendistribusikan formulir mengenai suatu topik kepada audiens. Ya, Google Form sering digunakan sebagai sarana pengumpulan informasi dari audiens online.

Membuat Google Formulir cukup mudah. Bahkan bisa dilakukan di ponsel atau laptop selama kita memiliki akses internet dan akun Google. Ada banyak pilihan untuk mengisi formulir. Dari judul, deskripsi dan pilih daftar pertanyaan.

Bisa Di Handphone Atau Pc, Ini Tutorial Cara Membuat Google Form Terbaru

Setiap pertanyaan di Google Form memiliki tipe untuk menunjukkan jenis informasi yang diminta dari responden. Bahkan, soal bisa disajikan dalam bentuk statis, seperti gambar atau video.

Google Formulir yang Anda buat dapat dikirimkan menggunakan akun pribadi dan ruang kerja Anda. Anda dapat membagikan link Google Form melalui email atau media sosial. Lihat bagaimana:

Jika Anda membagikan Google Formulir di jejaring sosial, cukup klik salah satu ikon jejaring sosial yang tersedia. Misalnya: Facebook atau Twitter. Kemudian ikuti saja petunjuk untuk membagikan formulir.

Selanjutnya, Anda juga dapat melakukan cara mendapatkan link Google Form untuk dibagikan dengan mengklik link “masukkan link” atau dengan mengklik ikon dan menyalin link Google Form tersebut dan membagikannya ke berbagai platform digital Anda. Karena URL formulir defaultnya panjang, Anda dapat mempersingkatnya menggunakan opsi “Persingkat URL”.

Langkah Membuat Google Form

Berikut cara membuat dan membagikan Google Formulir. Bagi Anda yang bingung dalam membuat kuesioner untuk keperluan survey pelanggan, ada baiknya Anda meneliti beberapa kursus online gratis yang tersedia di aplikasi-aplikasi yang tersedia berikut ini: Semakin berkembangnya dunia internet dapat semakin memudahkan kita dalam melakukan segala hal. yang awalnya terkesan tidak mudah, salah satunya adalah Cara membuat formulir online, kini kita bisa membuatnya dengan mudah dengan bantuan Mbah Google.

See also  Cara Membersihkan Interior Atap Mobil

Karena Google Docs kini terintegrasi dengan Google Drive, kita dapat melakukan banyak tugas di satu tempat. Dan sekarang ini menjadi lebih baik dari sebelumnya, dan itu pasti akan menjadi mudah.

3. Karena kita ingin membuat formulir online, klik FORMULIR OPSI di tab atas dan Anda akan diarahkan ke halaman berikut:

4. Klik tanda (+) untuk membuat form baru, lalu tinggal tambahkan form dengan pertanyaan yang anda inginkan, di tab ini anda juga bisa menambahkan foto, video dan menambahkan section, anda bisa lihat di sebelah kanan Present form to friends . Setelah selesai, Anda dapat mengubah urutan formulir sesuai kebutuhan Anda. Selanjutnya lihat gambar di bawah ini:

Apa Itu Google Form Dan Bagaimana Cara Membuat Google Form?

5. Gambar diatas adalah model yang saya buat, sangat mudah bukan? Sekarang tinggal bagaimana kita memposisikannya. Di sini saya ingin menaruhnya di halaman blog saya. Lanjutkan dengan gambar di bawah ini:

6. Ketiga gambar di atas menunjukkan form yang telah dibuat sudah siap dan siap untuk di ekspor, kita bisa mengirimkannya melalui email ke teman kita, kemudian kita bisa membagikannya melalui link (ya bisa short link) dan juga bisa kita sematkan di halaman blog kita. . Ada juga objek lain yang bisa kita jadikan tempat untuk membagikan form kita, diatas adalah logo FB, Twitter dan Google+. Karena saya membutuhkannya untuk keperluan blogging, saya memilih yang tertanam. Kemudian saya login akun blog saya, membuat halaman baru, lalu mengganti mode postingan ke HTML dan pastekan kode embed yang saya copy tadi seperti gambar di atas. inilah hasilnya:

7. Kemudian kita rekatkan embednya, seperti terlihat pada gambar di atas. Isi kotak pencarian terlebih dahulu lalu langsung posting. Dan inilah hasil akhirnya:

Tag: Cara Membuat Google Form Terbaru, Cara Membuat Formulir Online Terbaru, Google Form Terbaru, Cara Mudah Membuat Google Form. Masih kesulitan mengumpulkan data? Seperti survei, formulir pendaftaran, dll? Atau masih melakukannya secara manual, misalnya di atas kertas? Jika iya, kali ini kami menawarkan solusi atas permasalahan tersebut, khususnya melalui pemanfaatan formulir digital. Jadi mari kita lihat cara membuat formulir digital menggunakan Google Forms.

Tutorial Mudah Membuat Formulir Di Google Form

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka halaman Gmail dan klik ikon Google Apps di pojok kanan atas. Selain itu, Anda juga dapat membuka halaman

See also  Contoh Menu Sarapan Pagi Yang Seimbang

Selanjutnya diantara berbagai aplikasi Google yang tersedia, cari dan pilih ikon Google Form seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Di sudut kanan atas. Selanjutnya Anda dapat memberi nama/judul pada form tersebut beserta keterangannya pada kolom pertama seperti gambar di bawah ini.

Kemudian di bawah judul dan deskripsi akan terlihat kolom pertanyaan. Di kolom ini Anda dapat membuat pertanyaan apa pun yang Anda inginkan.

Jual Pembuatan Google Form Atau Spreedsheet/laporan Online/soal Online/kuisioner

Setelah membuat pertanyaan, langkah selanjutnya adalah menentukan format jawaban yang diinginkan. Formulir jawaban dapat Anda pilih pada kolom sebelah kanan kolom soal. Pada gambar di bawah ini terlihat terdapat beberapa pilihan jawaban, mulai dari jawaban singkat, jawaban panjang, pilihan ganda/opsional, hingga pilihan kotak centang.

Untuk menambahkan pertanyaan, Anda dapat memilih ikon (+) di sebelah kolom pertama pertanyaan. Selain itu, untuk jenis jawaban seperti pilihan ganda/opsional, Anda dapat menambahkannya dengan memilih opsi tambah.

Selain itu, Anda juga dapat menyisipkan berbagai media seperti gambar dan video dengan memilih ikon di bawah tanda (+).

Jika Anda ingin pertanyaan Anda wajib dijawab, Anda dapat mengaktifkan tombol Wajib/Wajib di pojok kanan bawah setiap pertanyaan. Jadi siapa pun yang mengisi formulir tidak akan bisa melanjutkan ke halaman berikutnya jika tidak menjawab pertanyaan.

Cara Membuat Google Form, Ternyata Gampang Banget

Setelah memasukkan semua tanda tanya, Anda dapat melihat pratinjau formulir yang dibuat. Caranya adalah dengan mengklik ikon ‘mata’ di pojok kanan atas. Halaman yang mirip dengan formulir yang dibuat kemudian akan muncul, tetapi dari sudut pandang orang lain. Selain itu, Anda juga dapat mengubah tema atau warna layar formulir dengan memilih ikon palet cat seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Setelah mengisi formulir yang dibuat, tentunya Anda harus membagikannya agar target Anda dapat mengisinya. Nah di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membagikan Google Form yang Anda buat.

Gimana guys, mudah kan? Berikut cara membuat Google Form yang bisa langsung Anda coba. Selanjutnya bagi yang ingin menambah skill baru, langsung saja menuju Skills Academy. Pasalnya di Skill Academy tersedia banyak kelas pelatihan dengan materi yang mendalam. Anda kemudian juga akan belajar dengan instruktur yang berpengalaman di bidangnya. Jadi tunggu apa lagi, layanan formulir online juga bisa memanfaatkan fasilitas dari Google. Fitur ini biasa dikenal dengan Google Forms yang aktif ketika Anda mendaftarkan nama pengguna Anda ke Google.

Google Form sendiri memiliki banyak kegunaan. Seperti untuk formulir pendaftaran konferensi, angket dan sejenisnya. Terdapat juga fitur kuis yang dapat digunakan guru sebagai metode pengolahan nilai. Apalagi sekarang sedang terjadi pandemi

See also  Pengaturan Pola Makan Untuk Menurunkan Berat Badan

Cara Menyimpan Google Form Yang Belum Selesai Dikerjakan

Tentunya Anda harus login ke layanan Google dan segera mengakses penyimpanan Google Drive atau juga klik alamat ini https://drive.google.com/. Saat muncul halaman Google Drive, klik tanda tambah di sebelah kiri lalu pilih more dan pilih Google Forms. Jika ada pernyataan

Cara kedua ini bisa langsung digunakan dengan menggunakan alamat https://docs.google.com/forms/u/0/ . Pada halaman Google Form kita bisa langsung klik

Atau tanda tambah. Namun, dalam metode ini, formulir yang kita buat tidak disusun ke dalam folder yang benar. Oleh karena itu, mencari folder/file di Google Drive tidak sah.

Setelah itu muncul halaman Google Form seperti gambar dibawah ini. Kita bisa mulai dengan menulis beberapa informasi formulir dan deskripsi singkat. Pilih juga kolom yang akan digunakan dalam formulir.

Begini Cara Membuat Google Form, Mudah Dan Praktis!

Tuliskan nama formulirnya, misalnya “Latihan membuat formulir”. Selanjutnya, isi deskripsi singkat tentang informasi yang diminta oleh formulir.

Terkadang calon calon diminta menyerahkan data pendukung, seperti akta kelahiran atau kartu keluarga. Oleh karena itu, sumber daya unggah file, misalnya dalam bentuk gambar, juga dapat dibuat dalam bentuk ini dengan memilih sumber daya tersebut

Untuk memilih hanya satu jenis file yang dapat dikirimkan pada formulir ini. Kami mendefinisikan bahwa yang dapat dimuat adalah file gambar. Lihat opsinya

Selain menentukan jenis file, Anda juga dapat menentukan ukuran maksimal yang dapat diunggah ke formulir. Tersedia dalam pilihan 1MB, 10MB, 100MB, 1GB dan 10GB. Google Formulir adalah alat serbaguna, terutama jika Anda berbisnis online. Baik Anda ingin membuat formulir kontak, halaman pembayaran, melakukan survei, atau daftar undangan, Google Formulir adalah alat yang akan memenuhi kebutuhan ini saat mengumpulkan informasi. Dengan Google Formulir, hanya perlu beberapa menit untuk membuat formulir.

Laporan Praktikum Google Forms

Google Formulir, Google Dokumen, Google Spreadsheet, dan Google Slide adalah bagian dari aplikasi online Google yang membantu pengguna melakukan tugas online secara gratis. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan merupakan cara termudah untuk menyimpan data langsung ke spreadsheet dan aplikasi ini adalah alat terbaik untuk digunakan

Membuat formulir di google form, cara buat formulir pendaftaran di google form, cara buat formulir di google form, cara membuat formulir google form, cara buat formulir google form, cara membuat formulir pendaftaran di google form, cara membuat formulir pendaftaran google form, cara bikin formulir di google form, tutorial membuat formulir di google form, cara membuat formulir dengan google form, membuat formulir google form, buat formulir di google form

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *