Cara Membuka Aplikasi Google Classroom

Cara Membuka Aplikasi Google Classroom – Banyak perubahan yang terjadi pascapandemi dan berdampak pada seluruh sektor di dunia, termasuk pendidikan. Sekolah umum dilarang dibuka dan siswa serta guru diwajibkan mengajar dan belajar dari rumah.

Meski menghadapi banyak kendala, pengajaran online menjadikan Google Classroom sebagai salah satu portal pembelajaran online yang paling disukai.

Cara Membuka Aplikasi Google Classroom

Google Classroom merupakan platform pendidikan yang membantu Anda mengelola berbagai aktivitas pembelajaran, termasuk memberikan tugas, materi, forum diskusi, dan lainnya.

Cara Membuat Absensi Di Google Classroom

Guru dapat berkomunikasi secara virtual dengan siswa secara gratis. Selain itu penggunaannya juga mudah karena dilengkapi dengan beberapa layanan Google seperti Gmail, Google Forms dan Google Drive.

Sebelum masuk ke Google Classroom, tersedia beberapa akun dengan akses ke berbagai fitur. Berbagai jenis akun dikategorikan sebagai berikut:

Jika Anda ingin menggunakan Google Classroom dengan akun pribadi, pastikan terlebih dahulu Anda memiliki Akun Google. Jika belum, ikuti langkah berikut untuk mendaftar terlebih dahulu.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas dan berhasil membuat Akun Google, Anda dapat login ke Google Classroom dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Cara Menggunakan Google Classroom

Google Classroom hadir untuk membantu guru fokus mengajar tanpa mengontrol akses. Selain sekolah, Google Kelas juga membantu menyederhanakan alur kerja dan memfasilitasi komunikasi antara guru dan siswa.

Jika Anda lebih suka mengajar melalui Google Kelas, Anda dapat bergabung dengan kelas yang dibuat untuk Anda atau membuat kelas Anda sendiri. Jika administrator sekolah Anda yang membuat kelas Anda, berikut cara menerima kelas yang ditawarkan:

1. Saat login ke Google Classroom, di bagian atas terdapat menu “Halaman Kelas”, klik “Tambah+” lalu “Buat Kelas”. Jika opsi ini tidak dipilih, akun Anda hanya dapat berpartisipasi dalam kelas. Hubungi administrator yang mengelola akun Anda.

Setelah proses di atas selesai, Google akan secara otomatis membuat ID kelas yang dapat Anda gunakan untuk mengundang siswa ke kelas Anda. Saat menggunakan Google Classroom, setiap jenis akun memiliki batasan fungsional seperti yang ditunjukkan pada tabel.

Buku Tata Cara Menggunakan Google Classroom

Cara termudah untuk mengundang siswa ke kelas Anda adalah dengan membagikan kode otomatis yang dibuat oleh Google. Berikut cara membagikan kode Anda:

3. Setelah itu, Anda akan melihat “Kode Kelas” di sisi kiri bawah judul kelas, jadi klik kode tersebut.

Anda dapat menyimpan materi Anda sebagai draf atau menjadwalkannya untuk dipublikasikan kapan saja. Jika Anda ingin memberikan bahan ajar, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

6. Impor file materi. Guru juga dapat menambahkan file dari komputer atau Google Drive mereka, seperti Google Dokumen atau Google Spreadsheet.

See also  Download Mod Higgs Domino Terbaru

Google Classroom Jadi Solusi Kuliah Online, Ini Cara Menggunakannya

Tugas yang Anda buat dapat langsung diunggah, disimpan sebagai draf, atau dijadwalkan untuk dipublikasikan di lain waktu. Selain itu, hak akses siswa terhadap file juga dapat diatur, sehingga setiap siswa dapat melihat, mengedit atau bahkan membuat salinan. Sebelum Anda dapat membuat tugas, ikuti langkah-langkah berikut:

4. Di bagian ini, masukkan judul dan deskripsi tugas Anda. Guru juga dapat menambahkan lampiran dari penyimpanannya sendiri atau penyimpanan Google Drive, seperti Google Dokumen atau Google Spreadsheet.

Selain membuat tugas, guru juga dapat mendiskusikan pembelajaran untuk menguji pemahaman siswa. Lihat cara menggunakan Google Kelas untuk diskusi.

4. Tulis pertanyaan yang ingin ditanyakan pada kolom. Anda juga dapat menambahkan instruksi untuk menjawab pertanyaan tersebut. Jawaban juga bisa dituangkan dalam format esai atau pilihan ganda.

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Tersebut Di Google Classroom, Padahal Signal Bagus, Kuota Masih Banyak

Selain menggunakan menu pertanyaan, Anda juga dapat langsung memimpin diskusi setelah memilih kelas di halaman beranda dan mengklik Bagikan sesuatu ke kelas. Bedanya, postingan diskusi di sini tidak bisa diberi rating.

Biasanya, setelah siswa menyelesaikan tugas dan memilih kelas, tugas tersebut otomatis muncul di halaman Tugas Siswa. Guru juga dapat menambahkan komentar saat memberikan penilaian. Tugas akan dikembalikan kepada siswa jika sudah diperbaiki. Untuk melakukan penilaian, Anda perlu mengikuti beberapa langkah.

Inilah cara menggunakan Google Classroom (untuk guru). Semoga informasi ini bermanfaat dalam menunaikan tugas Anda sebagai seorang guru.

Sebaik? Ingin mencoba belajar dengan Google Classroom? Berlangganan juga ke video kami untuk menambah pengetahuan umum Anda dari kenyamanan rumah Anda. Jadi pak, tunggu apa lagi? Coba sekarang! Aplikasi pembelajaran online telah menjamur sejak pandemi COVID-19 mengharuskan adanya homeschooling. Salah satu aplikasi terbaik untuk pembelajaran di kelas adalah Google Classroom. Aplikasi ini tersedia dalam versi mobile dan web PC, memberikan fleksibilitas lebih dalam menggunakan perangkat Anda. Selain itu, Google Classroom juga terhubung dengan aplikasi Google lainnya seperti Gmail, Slides, Docs, Sheets, Drive, Forms, dan Calendar. Sinkronkan tanggal kelas dan tugas dengan Google Kalender untuk penjadwalan yang lebih akurat.

Ini Cara Gunakan Aplikasi Google Classroom Di Laptop Dan Hp

Hal ini membuat pengelolaan pembelajaran Google Classroom menjadi lebih efektif dan efisien. Guru dan siswa dapat belajar bersama dengan mengajukan pertanyaan, mengikuti kuis, berbagi materi, dan menyerahkan tugas. Bahkan saat menyerahkan tugas, Anda akan melihat informasi apakah tugas diserahkan tepat waktu atau terlambat, lama penundaan, dan banyak lagi. Anda dapat membuat akun Google Kelas Anda sendiri dengan semua izin ini. Ini adalah cara mudah membuat Google Kelas tempat Anda bisa berlatih.

See also  Menopause Dan Hubungan Suami Istri

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka halaman Google Classroom di kelas.google.com. Setelah itu, Anda akan langsung melihat halaman login. Jika Anda memiliki beberapa akun Gmail yang disimpan di browser Anda, pilih salah satu yang ingin Anda gunakan di Kelas. Selain itu, Anda juga memiliki opsi untuk masuk menggunakan alamat email baru Anda. Masukkan nama pengguna dan kata sandi akun Gmail Anda dan klik Lanjutkan.

Selanjutnya untuk membuat kelas, klik tanda + di menu kanan atas. Kemudian Anda mempunyai pilihan untuk bergabung atau membuat kelas. Jika Anda ingin membuat kelas baru, pilih Buat kelas. Yogyakarta – Google Classroom menjadi salah satu aplikasi yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar secara online sejak pandemi COVID-19 melanda dunia.

Meskipun pengajaran tatap muka mulai diperkenalkan secara bertahap, platform seperti Google Classroom dapat digunakan dalam berbagai situasi di sekolah, seperti mengumpulkan tugas.

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Classroom

Apalagi, pandemi virus corona di Indonesia saat ini sudah memasuki gelombang ketiga. Bukan tidak mungkin kegiatan pembelajaran daring akan terus berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Oleh karena itu, sangat penting bagi banyak guru dan siswa untuk membiasakan pembelajaran online, salah satunya adalah penggunaan aplikasi Google Classroom.

Platform ini memungkinkan guru dan siswa untuk mengaksesnya dari ponsel pintar atau komputer desktop mereka. Namun untuk menggunakannya, Anda harus menginstal aplikasi Google Classroom terlebih dahulu.

Untuk menginstal suatu aplikasi di smartphone, pengguna mengakses Google Play Store atau App Store di smartphone-nya. Ketik “Google Classroom” pada kolom pencarian.

Mengenal Google Classroom, Aplikasi Belajar Mengajar Dengan Sejuta Keunggulan

Selanjutnya, Anda akan melihat beberapa aplikasi yang dapat Anda unduh. Pilih aplikasi Google Classroom dari menu yang muncul dan klik kolom Install.

Tunggu hingga proses instalasi selesai. Anda kemudian dapat menggunakan Google Classroom di ponsel cerdas Anda. Aplikasi akan otomatis terinstall di halaman utama smartphone Anda.

Sedangkan untuk mendownload aplikasi Google Classroom di laptop, pengguna membuka aplikasi browser di perangkatnya dan mengunjungi https://classroom.google.com/.

Setelah memasuki halaman tersebut, alamat email Anda akan muncul di layar. Jika alamat email yang Anda gunakan di Google Classroom sudah benar, klik Lanjutkan.

Berikut Cara Menggunakan Google Classroom Di Laptop

Kemudian klik menu tiga titik di pojok kanan atas layar, pilih menu “Fitur lainnya” dan klik “Buat pintasan…”.

Jendela baru akan muncul dengan pemberitahuan pop-up yang mengonfirmasi permintaan Anda untuk membuat pintasan Google Kelas. Kemudian, centang kolom “Buka sebagai jendela” dan tekan “Buat”.

Kemudian tutup semua browser dan kembali ke layar Windows. Ikon pintasan untuk Google Kelas muncul di halaman desktop dan Anda dapat menggunakannya sebagai aplikasi.

See also  Cara Mendapat Gratis Ongkir Shopee Cod

Beginilah cara Anda menginstal aplikasi Google Classroom di smartphone atau desktop Anda untuk menunjang kegiatan belajar mengajar Anda. – Google Classroom merupakan salah satu layanan yang dapat digunakan untuk melaksanakan proses belajar mengajar secara online. Karena infeksi virus corona baru (COVID-19), siswa diimbau untuk belajar dari rumah.

Panduan Google Classroom Untuk Guru

Dikembangkan oleh Google pada Agustus 2014, layanan pendidikan ini menawarkan berbagai jenis peralatan yang dapat digunakan untuk melaksanakan proses pembelajaran yang produktif dan bermakna.

Di saat penyebaran virus corona baru sedang marak, layanan ini sangat cocok karena dapat mempercepat tugas (assessment), mendorong kolaborasi, dan mendorong komunikasi.

Selain itu, dalam hal ini Google Classroom juga terintegrasi dengan beberapa layanan berguna lainnya yang dibuat oleh Google, seperti Google Docs, Google Sheets, Google Drive dan Google Calendar.

Layanan kami tersedia dalam bentuk aplikasi mobile dan web yang dapat diakses dari smartphone dan komputer sehingga memudahkan penggunaannya oleh guru dan siswa kapanpun dan dimanapun.

Artificial Intelligence Didalam Google Classroom

Jika Anda menggunakan ponsel pintar, Anda dapat mengunduh aplikasi Google Classroom dari Google Play Store jika Anda menggunakan perangkat berbasis Android atau Apple App Store jika Anda menggunakan perangkat berbasis iOS.

Sebaliknya jika Anda pengguna komputer berbasis Windows atau MacOS, Anda tidak perlu mendownload aplikasi karena layanan pembelajaran ini hanya tersedia dalam bentuk web yang dapat diakses di http://classroom.google.com/page.

Namun jika Anda memiliki komputer atau laptop berbasis ChromeOS, Anda dapat mendownload aplikasi Google Classroom dari halaman Chrome Web Store dengan menekan tombol Tambahkan ke Chrome.

Untungnya, mereka yang menggunakan browser Google Chrome di komputer Windows atau MacOS juga dapat menambahkan Google Classroom sebagai aplikasi menggunakan metode yang sama seperti yang dijelaskan di atas, sehingga membuat akses layanan menjadi lebih mudah.

Kenapa Goggle Form Tidak Bisa Diakses Di Goggle Classroom , Tertulis Aktifkan Atau Download

Namun, perlu dicatat bahwa Google akan segera mengakhiri dukungan untuk berbagai aplikasi Chrome untuk browser Windows, MacOS, dan Linux. Berdasarkan informasi yang diungkapkan Google di halaman dukungannya, peluncurannya akan dilakukan pada Juni 2020.

Untuk mengakses layanan pendidikan ini juga bisa

Cara membuka classroom lewat google, cara membuka google classroom, membuka video di google classroom, membuka google classroom di laptop, cara menggunakan aplikasi google classroom, tidak bisa membuka video di google classroom, cara membuka file drive di google classroom, cara membuka google classroom yang tidak bisa dibuka, cara membuka lampiran di google classroom, cara membuka video di google classroom, cara membuka kelas yang diarsipkan di google classroom, membuka google classroom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *