Cara Menggunakan Google Meet Di Google Classroom

Cara Menggunakan Google Meet Di Google Classroom – 15 Agustus 2021 14:33 15 Agustus 2021 14:33 Diperbarui: 15 Agustus 2021 14:38 1468 2 0

Di masa pandemi Covid-19 ini menuntut kita untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru. Kebiasaan baru yang paling kentara adalah mengikuti protokol kesehatan; Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menghindari kerumunan, menjaga jarak, dan menggunakan hand sanitizer atau pembersih tangan. Kebiasaan baru lainnya adalah bekerja atau belajar dari rumah.

Cara Menggunakan Google Meet Di Google Classroom

Kebiasaan baru mengikuti protokol kesehatan, salah satunya memakai masker. Memang dianggap sangat mudah, namun tidak bagi sebagian orang. Beberapa orang merasa kesulitan memakai masker karena membuat sulit bernapas. Ada orang-orang yang percaya bahwa hal itu secara praktis tidak mungkin. Ada yang tidak percaya dengan adanya Covid-19 dan menganggap tidak perlu memakai masker. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan tentang Covid-19. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan terjadinya pelanggaran berulang terhadap protokol kesehatan.

Tips Pakai Google Classroom

Praktik baru lainnya adalah mengidentifikasi SCO dan SCO di pemerintah negara bagian atau lokal. Kebijakan ini harus siap dihadapan beberapa instansi, termasuk instansi pendidikan. Dalam pendidikan global juga berdampak pada proses pembelajaran. Artinya, tidak hanya institusi, namun dosen dan mahasiswa juga harus siap menentang kebijakan tersebut.

Secara khusus, pendidik harus dilatih menjadi guru yang inovatif, kreatif, dan berteknologi. Untuk memfasilitasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau online, guru dapat menggunakan Google Classroom, Zoom Meeting atau Google Meet. Di bawah ini saya bahas penggunaan Google Meet dalam pembelajaran online. Penggunaan Google Classroom dan Zoom Meeting akan saya bahas pada artikel lainnya.

Jika kita ingin menggunakan Google Meet untuk pelatihan online, kita perlu membuat rapat baru. Google Meet memiliki 2 jenis rapat yaitu rapat instan dan rapat terjadwal. Rapat Instan adalah penggunaan Google Meet satu kali. Selain itu, rapat terjadwal dapat digunakan kembali melalui Google Meet. Dengan kata lain, link rapat instan hanya bisa digunakan satu kali, sedangkan link rapat terjadwal bisa digunakan berkali-kali.

Anda akan langsung dibawa ke lantai Google Meet dan dapat langsung memulai rapat. Anda juga bisa membagikan link ke WA atau media lainnya.

Fitur Aksesibilitas Di Google For Education

Pilih “Jadwal di Google Kalender” dan kemudian Anda dapat membuat jadwal janji temu yang dapat digunakan kembali dan bahkan dapat digunakan kembali, sehingga Anda tidak perlu dan tidak perlu membuat janji temu baru untuk pertemuan Anda berikutnya. untuk membagikan tautan baru. Koneksi yang Anda buat dapat digunakan untuk rapat di masa mendatang JAKARTA – Alat konferensi video menjadi semakin penting dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi saat memperkenalkan kebiasaan baru seperti saat ini, teknologi sudah menjadi sarana untuk terhubung dengan orang lain.

See also  Cara Bikin Usaha Sendiri Dengan Modal Sedikit

G Suite for Education akan menjadi Google Workspace, Google Meet juga akan menerima beberapa pembaruan yang menjanjikan aktivitas belajar mengajar lebih nyaman bagi guru dan siswa.

Menurut Manajer Produk Senior Google Meet Jennifer Shen, prioritas pertama Google Meet adalah memastikan rapat aman dan lancar.

“Tahun lalu kami meluncurkan sejumlah alat (keamanan, -red) untuk mendukung hal tersebut, termasuk manajemen keamanan yang artinya hanya peserta terdaftar yang dapat mengikuti rapat,” jelas Jennifer hari ini di acara virtual Learning with Google 2021. hari ini, Kamis, 18 Desember.

Pelatihan Dan Pemanfaatan Platform Google Meet/zoom Dan Kahoot/quizizz Bagi Guru Madrasah Baabul Khairaat Bandunguntuk Mendukung Pembelajaran Daring

Jennifer baru-baru ini menjelaskan bahwa guru akan didukung dengan menu yang memungkinkan mereka menyelesaikan rapat dalam waktu bersamaan. Oleh karena itu, jangan biarkan siswa berdiam diri di ruangan yang sama setelah guru menyelesaikan pembelajaran.

Selain itu, Jennifer mengatakan pihaknya memahami betapa sulitnya bagi guru untuk menjadikan ruang kelas virtual layak dan terpelihara. Oleh karena itu, guru dibekali peralatan tambahan yang dapat mematikan mikrofon seluruh peserta.

“Ini akan diluncurkan dalam beberapa minggu. “Kemampuan untuk membisukan semua suara membantu pendidik menjaga kelas tetap teratur dan nyaman,” lanjut Jennifer.

Google Meet yang bisa dibuka di tablet dan smartphone, akan memiliki kontrol lebih besar di iOS dan Android. Mulai dari mengontrol siapa yang dapat bergabung dalam rapat, menggunakan chat, hingga berbagi layar dalam aplikasi.

Azlina Panduan Google Meeting

Google juga menambahkan reaksi emoji pada akun berstatus pelajar. Jabatan baru ini tentunya akan berada di bawah pengawasan guru dan pengurus yang ditunjuk.

Selain penambahan fitur baru, Google Classroom dan Meet telah membuat program baru yang dapat digunakan secara bersamaan. Jadi rapat apa pun bisa dilakukan melalui Kelas. Jadikan kelas online lebih aman.

“Saat guru membuat kelas online dari aplikasi Kelas, siswa tidak dapat bergabung hingga guru memasuki ruangan. Meet juga dapat memisahkan akun guru dan siswa berdasarkan data Kelas. “Jadi hanya guru dan kelas yang terdaftar saja yang bisa ikut,” jelas Jennifer.

See also  Cara Menyimpan Video Di Ig Ke Galeri

Jennifer menutup presentasinya dengan menjelaskan bahwa Google Meed telah meningkatkan kinerja untuk versi Chromebook. Dengan demikian, pengguna yang mengakses melalui Chromebook Ibu Ratna Kusumavardani, M. “Media Edukasi melalui PKBM Bina Bangsa Tangerang melalui Google Meet dan Google Classroom” yang diselenggarakan oleh Pak Kom dan Nano dapat memberikan peluang yang lebih baik dalam Pengabdian Kepada Masyarakat. Pramono Soeronegoro, M.Kom dilaksanakan secara online pada tanggal 26 Juli 2020 hingga 2 Agustus 2020. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan kegiatan pembelajaran daring serta menambah pengetahuan dan keterampilan mahasiswa PKBM Bina Bangsa Tangerang agar mampu menghadapi tantangan kehidupan di era millenium.

Pdf) Penggunaan Kelas Online Dengan Google Meet Dan Zoom Meeting

Saat ini seluruh institusi pendidikan di Indonesia sudah menggunakan media pembelajaran berbasis ICT untuk pembelajaran daring akibat mewabahnya COVID-19. Harapan kami, dengan bantuan alat peraga yang baik dan tepat, siswa dapat memahaminya dengan mudah. Untuk itu dipandang perlu untuk melakukan pelatihan media pembelajaran melalui video conference untuk pertemuan tatap muka antara siswa dan guru menggunakan Google Meet, kemudian pemberian dan pengumpulan tugas melalui Google Classroom.

Materi pembelajaran komunitas PKBM Bina Bangsa Tangerang adalah bagaimana pemanfaatan Google Meet dan Google Classroom dalam kegiatan pembelajaran daring. Materi pembelajaran ini disampaikan secara online, dimana instruktur menjelaskan materi pembelajaran secara singkat melalui Google Meet, dan instruktur memvideokan materi pembelajaran yang kemudian diupload ke youtube agar siswa dapat melihat materi pembelajaran. Selain itu, instruktur mendistribusikan materi pembelajaran dan tugas melalui Google Classroom, dan instruktur mengeluarkan survei melalui Google Form. Hal ini untuk memastikan siswa dapat mengikuti metode pembelajaran online sehingga siswa dapat bersiap menghadapi situasi pandemi seperti ini guys! Apa kabarmu? Sudah sekitar seminggu aku tidak menulis. Banyak sekali hal yang ingin aku ceritakan tapi aku sedang tidak mood untuk menulisnya. Hoo Hoo…

Nah, hari ini saya ingin berbagi kepada Anda panduan cara menggunakan Google Meet. Sebenarnya saya sudah membagikan artikel ini sebelumnya… Catatannya ada di modul yang saya buat tahun lalu. Mungkin seseorang menggunakan modul ini. Mungkin ada yang mendownload tapi belum pernah melihatnya… Hahaha… Biasa saja.

Berbagi lagi hari ini…Insya Allah…Bisa link GOOGLE MEET USER MANUAL dibawah ini…Terima kasih Chikgu Fajil, Chikgu Mohd. Arif Bin Badaruddin dan Chikgu Kamal yang membantu Iskandar mengkonsolidasikan posisi tersebut. Halo halo halo…

Cara Membuat Absen Otomatis Menggunakan Google Meet

Jika Anda lupa KTP, dapatkan dari administrator di sekolah Anda… Meski sulit, ada pilihan lain… Gunakan akun Google pribadi Anda, gunakan Google Hangout. 🙂

See also  Download Drakor Descendants Of The Sun

**Yang mau ikut rapat juga bisa pakai MOE-DL, bisa juga pakai Gmail, kalau belum langsung login bisa ikut… Tinggal ketik loginnya.

Jadi jangan khawatir jika siswa Anda tidak memiliki ID, mereka masih dapat mengikuti konferensi video Anda. Syaratnya internetmu ada satu sketsanya… Haha… Kalau tidak cocok, videonya rusak… Itu saja!~

Salin tautan MEETING READY dan bagikan dengan siswa dan teman Anda serta undang mereka untuk bergabung dalam pertemuan ini…

Mengenal Google Classroom, Aplikasi Belajar Mengajar Dengan Sejuta Keunggulan

Gambar di bawah merupakan presentasi para peserta. Anda bahkan tidak perlu masuk. Masukkan nama pengguna Anda. Lalu klik PERMINTAAN KONEKSI

Yang menyelenggarakan rapat akan mendapat notifikasi seperti di bawah ini… Jadi klik tombol TERIMA untuk memperbolehkan peserta mengikuti rapat.

Saya juga ingin mengambil kesempatan pada Cikgu Mohd. Fadzil Bin Abdul Haneed, JPN Johorkerana siap membagikan panduan lebih detail cara menggunakan Meet melalui video YouTube. Letopsss banget… Video seriesnya bermacam-macam. Ayo cepat!

Haha…lengkap sekali ya! Hehe… Jangan lupa subscribe channel YouTube Chikgu Fajil… Sudah banyak episode yang direkam. Google Kelas, Google Meet… Segala jenis… Luar biasa!

E Training Menggunakan Google Meeting Dan Google Classroom

Bagaimanapun, saya ingin mengingatkan bahwa saat ini perkembangan ICT sangat intensif. Jadi memang akan ada perubahan terbaru. Tapi kalau tahu dasar-dasarnya, Insya Allah… perubahan tidak akan sulit, malah sebaliknya akan lebih baik dan mudah bagi kita.

Oke… sekian dulu berbagi panduan menggunakan Google Meet. Setelah itu sebaiknya anda mencobanya bersama anak atau suami/istri anda… Hehe… Semoga membantu anda… Malam ini adalah malam Nisfu Xiaban. Banyak berdoa! Waspadai selalu wabah Covid-19, semoga Allah SWT melimpahkan kesuksesan dunia dan akhirat kepada anda. Kakek, teman-teman! Hati-hati di jalan. 💓

Cara menggunakan google meet di google classroom, cara menggunakan google meet, cara menambahkan google meet di google classroom, apa itu google meet dan google classroom, cara menggunakan google classroom, perbedaan google classroom dan google meet, cara menggunakan google meet di laptop, cara menggunakan google meet dalam google classroom, google meet di google classroom, cara meet di google classroom, cara membuat link google meet di google classroom, cara mengaktifkan google meet di google classroom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *