Cara Mengizinkan Share Screen Di Google Meet

Cara Mengizinkan Share Screen Di Google Meet – Kami sebelumnya telah membahas aplikasi konferensi video terbaik. Jadi Google Meet adalah salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan. Tapi bagaimana cara menggunakan Google Meet?

Hal inilah yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Menggunakan Google Meet merupakan pilihan terbaik, terutama bagi Anda yang tidak ingin terkena batasan penggunaan 40 menit seperti pada aplikasi seperti Zoom.

Cara Mengizinkan Share Screen Di Google Meet

Menariknya, Google Meet bisa digunakan di laptop dan ponsel untuk mendukung WFH atau pembelajaran jarak jauh.

Cara Menampilkan Ppt Di Zoom Dan Di Google Meet

Google Meet adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Google untuk konferensi video. Google Meet merupakan bagian dari G Suite yang kini telah berganti nama menjadi Google WorkSpace.

Inilah definisi Google Meet yang disebut sebagai alat untuk meningkatkan produktivitas dan kolaborasi. Tak heran jika Google Meet juga sering digunakan oleh para pekerja kantoran, kegiatan belajar online, dan webinar pada umumnya.

Google Meet merupakan layanan gratis yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan video, baik secara pribadi maupun grup menggunakan akun Google. Menariknya, aplikasi rapat ini bisa digunakan untuk panggilan video langsung atau rapat terjadwal.

Haruskah saya menginstal Google Meet terlebih dahulu? tidak perlu. Google Meet bisa langsung digunakan melalui browser jika Anda menggunakan laptop atau PC. Sedangkan untuk pengguna Android, Google Meet biasanya terinstal secara otomatis. Jadi, gunakan saja.

Cara Mengizinkan Pop Up Di Google Chrome (dengan Gambar)

Apa pun browser dan sistem operasi yang Anda gunakan, cara menggunakan Google Meet di laptop adalah dengan login ke layanan Google Meet. Untuk melakukannya, masukkan URL https://meet.google.com/ dan layar berikut akan muncul:

Seperti yang Anda lihat, antarmukanya sangat intuitif, karena Anda dapat langsung memilih untuk memulai rapat, atau memasukkan kode rapat untuk bergabung dalam rapat tertentu.

Ingat, penawaran ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang belum login dengan akun Google. Apakah itu cukup? Tentunya dengan berbagai keterbatasan. Misalnya, Anda hanya dapat bergabung ke rapat yang dibuat oleh Akun Google lain, dan Anda tidak dapat melakukan chat serta merekam rapat.

Untuk menggunakan Google Meet, Anda harus masuk terlebih dahulu dengan akun Google untuk mendapatkan semua fitur aplikasi ini.

Mario Is 30: 15 Ways The Plumber Changed Gaming

Untuk melakukan ini, klik Masuk dan masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda dengan cara yang sama seperti Anda mengakses akun Google lainnya. Atau Anda dapat membuat akun jika Anda belum memilikinya. Nanti setelah sukses akan terlihat seperti ini:

Jika Anda yang memulai rapat, Anda bisa membuat rapat baru dengan mengklik Rapat Baru atau Mulai Rapat, tergantung bahasa laptop yang Anda gunakan.

Semua rapat dibuat di aplikasi Google Meet, dan kecuali Anda menjadwalkannya di Kalender, rapat akan dialihkan ke aplikasi Kalender seperti ini:

See also  Menerima Transfer Uang Dari Luar Negeri

Sebaliknya, jika Anda hanya seorang peserta, Anda dapat mengikuti langkah-langkah cara menggunakan Google Meet di komputer ini dengan memasukkan kode yang Anda terima dari penyelenggara rapat.

Bergabung Dalam Rapat Di Microsoft Teams

Dengan menggunakan dua skenario di atas, kini Anda dapat mengakses halaman beranda rapat di Google Meet. Namun, Anda harus memastikan bahwa kamera dan laptop diperbolehkan untuk digunakan.

Langkah-langkah cara menggunakan Google Meet di laptop ini wajib dilakukan. Karena Anda akan kesulitan berkomunikasi dalam rapat jika statusnya masih nonaktif. Hal inilah yang sering ditemui oleh peserta rapat ketika mengalami gangguan audio maupun visual.

Senang! Anda telah bergabung dengan Google Meet dan siap berpartisipasi dalam rapat. Anda dapat dengan mudah menggunakan semua fungsi di dalamnya.

Jika Anda pengguna Android, Anda bisa melewati langkah-langkah cara menggunakan Google Meet di ponsel ini. Pasalnya hampir semua penyedia telah menginstal Google Meet di dalamnya.

Cara Share Screen Whatsapp Di Hp Android Dan Iphone, Fitur Baru Dari Meta

Pengecualian jika Anda menggunakan perangkat Android buatan Huawei atau Amazon. Anda dapat menginstal Google Meet melalui aplikasi PlayStore atau aplikasi lain yang disediakan oleh perangkat Anda.

Khusus pengguna iOS, mengunduh aplikasinya wajib dilakukan sebelum menggunakan Google Meet. Caranya, mulai dari AppStore, masuk ke Google Meet, unduh dan instal.

Setelah Anda menginstal aplikasinya, akan lebih mudah menggunakan Google Meet di ponsel Anda. Buka aplikasi Google Meet dan pastikan Anda menggunakan akun Google yang benar dengan melihat ikon di kanan atas.

Anda kemudian akan ditanya apakah ingin membuat rapat baru atau menjadwalkan rapat melalui Google Kalender.

Modul Online Meeting

Jika Anda ingin segera memulai rapat, akan muncul layar berikut yang menandakan bahwa rapat baru siap dimulai:

Anda juga dapat mengundang orang lain untuk bergabung secara langsung dengan memasukkan alamat email mereka atau membagikan link rapat melalui pesan atau platform lainnya.

Sementara itu, jika ingin membuat jadwal, Anda akan diarahkan ke aplikasi Kalender untuk mengisi detail informasi rapat peserta lainnya:

Cara menggunakan Google Meet di ponsel selanjutnya adalah dengan bergabung menjadi peserta rapat. Yang perlu Anda lakukan hanyalah melihat daftar jadwal rapat di layar beranda. Contohnya adalah sebagai berikut:

Lima Cara Membuat Sesi Zoom Anda Aman Dari Gangguan Zoombombing

Di situs web, Anda juga dapat memasukkan kode rapat yang Anda terima untuk mencari jadwal rapat dan bergabung dalam rapat. Masukkan kode tersebut pada kolom pencarian atau masukan kode tersebut.

Saat Anda siap untuk bergabung ke rapat, pastikan untuk mengizinkan mikrofon dan kamera. Cukup klik “Izinkan” di jendela pop-up yang muncul tergantung pada ponsel yang Anda gunakan.

Nantinya Anda akan menemukan halaman rapat seperti di bawah ini dan Anda akan mendapatkan informasi tentang akun Google yang Anda gunakan untuk bergabung di Google Meet.

See also  Cara Nonton Film Bioskop Di Telegram

Bagi Anda yang menggunakan Google Meet untuk melakukan wawancara kerja atau mengajar secara online, mungkin belum tahu kalau kelebihan Google Meeting adalah memungkinkan video call dengan banyak peserta dalam waktu bersamaan.

Fitur Papan Tulis Virtual

Bila ingin jumlah peserta lebih banyak, hingga 50 orang, Anda harus berlangganan paket berbayar yang bertahan hingga 24 jam. Paket yang ditawarkan antara lain:

Penggunaan Google Meet cocok untuk semua peserta, termasuk mereka yang memiliki kendala pendengaran atau bahasa dan jika terdapat masalah suara pada perangkat.

Fitur ini disebut Live Caption dan menampilkan teks di layar sesuai dengan percakapan yang sedang berlangsung. Meskipun pentingnya fitur ini, sayangnya fitur ini belum tersedia dalam semua bahasa dan masih dalam tahap beta. Misalnya, versinya mencakup bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Portugis, Rumania, Rusia, dan banyak lagi.

Ingin menggunakan Google Meet di laptop atau ponsel? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakannya di semua perangkat ini. Karena Google Meet kompatibel dengan sistem operasi yang berbeda.

Cara Membuat Akun Zoom Meeting Lewat Laptop Dan Hp

Untuk laptop, Anda bisa menemukan aplikasi ini di Windows, MacOS, Chrome OS dan Linux. Di ponsel, Anda dapat menggunakannya di Android, iOS, dan lainnya.

Menariknya, spek yang dibutuhkan untuk menjalankannya juga cukup rendah yakni RAM 1GB untuk desktop dan 512MB untuk mobile.

Anda tidak perlu khawatir dengan kemampuan Anda untuk tampil percaya diri di setiap pertemuan. Google Meet memiliki fitur pratinjau sebelum Anda mulai bergabung ke rapat. Untuk melakukan ini, Anda dapat melihat pratinjau video dan audio yang digunakan.

Dengan fitur Google Meeting, Anda dapat melihat apakah penampilan Anda benar atau suara Anda jernih. Jika tidak, Anda masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki masalah tersebut sebelum menghadiri rapat. Oleh karena itu, Anda akan terlihat lebih siap dalam pertemuan tersebut.

Wajib Tahu, Begini Lho Cara Share Screen Di Zoom

Sama seperti aplikasi konferensi video lainnya, Google Meet memungkinkan pengguna menyesuaikan tata letak layar. Jadi Anda bisa fokus pada layar presentasi untuk fokus pada materi, atau Anda akan tetap melihat semua peserta yang sudah bergabung.

Menggunakan Google Meet dapat membantu Anda membuat rapat yang lebih interaktif. Dengan begitu, pertemuan menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Salah satunya dengan fitur berbagi layar.

Anda dapat memproyeksikan layar laptop dan ponsel Anda untuk melakukan presentasi atau menunjukkan pekerjaan Anda secara online kepada tim Anda di kantor atau guru di sekolah. Bahkan pilihan tampilan yang bisa dibagikan pun beragam, mulai dari seluruh layar, tab tertentu, atau seluruh komputer.

Selain itu, Anda bisa lebih interaktif dengan peserta lain dengan menggunakan kolom chat. Oleh karena itu, peserta yang ingin memberikan feedback tanpa mengganggu presentasi, atau peserta yang mengalami kendala suara, tetap dapat berpartisipasi dalam rapat konferensi.

See also  Cara Mengisi Shopeepay Lewat Bsi

Cara Share Screen Di Zoom Melalui Hp Dan Laptop Terbaru

Apa jadinya jika Anda siap mengadakan rapat, namun hanya sedikit peserta yang bergabung karena lupa?

Itulah sebabnya integrasi dengan aplikasi lain seperti Kalender atau Gmail dapat membantu rapat berjalan dengan baik. Mulai dari memberikan informasi 10 menit sebelum waktu rapat, hingga memberikan informasi singkat tentang rapat dan pesertanya.

Bahkan, Anda juga bisa menghubungkan Google Map ke aplikasi pihak ketiga seperti Slack, Miro, dan Figma. Misalnya, Slack akan memberikan notifikasi jika ada rapat yang telah atau akan dijadwalkan.

Tips pertama dalam menggunakan Google Meet adalah mewaspadai pencahayaan di sekitar saat Anda mengikuti rapat. Jika dari preview pertama sebelum mengikuti video meeting Anda merasa terkesan gelap, ada baiknya Anda pindah ke tempat yang pencahayaannya lebih baik.

Cara Mengganti Nama Di Google Meet Agar Tampil Sesuai Saat Konferensi Video

Selain itu perhatikan juga apakah wallpaper yang Anda gunakan cocok atau tidak. Baik itu dari segi estetika, kecocokan atau tujuan branding yang ingin Anda terapkan saat rapat atau webinar.

Pasalnya, jika Anda tidak bisa melihat isi presentasi dengan sempurna karena terhalang oleh jaringan peserta rapat, Anda tidak akan bisa memahami informasi yang disampaikan.

Sebaliknya, jika Anda adalah orang yang bertindak sebagai administrator yang menjalankan rapat di Google Meet, maka penting untuk bisa melihat siapa peserta rapat tersebut.

Baik Anda bertindak sebagai peserta rapat atau bukan sebagai orang yang memberikan presentasi, ada baiknya Anda memanfaatkan fitur perpesanan. Fitur ini berguna untuk menanyakan atau mengkonfirmasi suatu pertanyaan tanpa mengganggu presentasi yang sedang berlangsung.

Cara Mudah Untuk Merekam Google Meet

Cara menggunakan Google Meet di laptop atau ponsel untuk bertanya adalah dengan menggunakan fitur penegakan. Jika diperbolehkan berbicara, nonaktifkan saja fungsi mute dan talk.

Tips cara menggunakan Google Meet yang tak kalah penting adalah memastikan kelancaran koneksi internet di tempat Anda tinggal. Hal ini penting agar suara Anda tidak terputus-putus saat presentasi.

Selain itu, Anda juga dapat memastikan video presentasi Anda terlihat bagus dan tidak pixelated karena kualitasnya menurun sesuai dengan kecepatan internet Anda saat ini.

Macam-macam fungsi Google Meet antara lain: Dapat menampung

Anti Ribet, Ini Cara Ubah Panggilan Suara Google Meet Ke Teks Dengan Google Docs

Cara share screen youtube di google meet, cara menyalakan audio share screen di google meet, cara share screen di google meet, cara share screen video di google meet dengan suara, cara share screen google meet, cara screen recorder google meet, share screen di google meet, cara share screen video di google meet, cara share screen di google meet dengan suara, share file di google meet, cara share screen google meet di laptop, cara menampilkan share screen di google meet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *