Cara Pemupukan Padi Sawah Tadah Hujan

Cara Pemupukan Padi Sawah Tadah Hujan – Melihat kenyataan di lapangan, penerapan pupuk pada tanaman padi oleh petani lain sangat bervariasi, baik dari segi waktu maupun dosisnya. Dan sebagian besar rekan petani kita masih sangat fanatik dalam menggunakan pupuk urea secara eksklusif. Unsur hara pada urea hanya terdiri dari nitrogen, padahal tanaman padi memerlukan unsur hara yang beragam, antara lain unsur hara makro seperti nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K).

Serta unsur jejak seperti kalsium (Ca), magnesium (Mg), belerang/belerang (S), besi (Fe), mangan (Mn), tembaga (Cu), seng (Zn) dan lain-lain.

Cara Pemupukan Padi Sawah Tadah Hujan

Tentu saja, , . Ada juga petani lain yang sudah memahami pentingnya pemberian pupuk yang menyeimbangkan unsur hara tersebut, namun jumlahnya sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah keseluruhan petani kita, , ,

Cara Menanam Padi Sawah Tadah Hujan

Pupuk tanaman merupakan suatu makanan, jika makanan tersebut tercukupi nutrisinya maka pertumbuhan dan perkembangan tanaman akan optimal. Jika kita sebagai petani memberikan “makanan” pada tanaman kita maka perkembangannya akan “kurang optimal”, maka hasil yang kita peroleh pun tidak maksimal.

Tumbuhan, termasuk padi, membutuhkan makanan untuk tumbuh dan berkembang. Dengan nutrisi yang cukup (pupuk organik – kompos dan POC – serta pupuk anorganik), maka perkembangan fase vegetatif dan fase generatif akan berkembang dengan baik.

Jika kita menyediakan “makanan” yang lebih baik untuk tanaman. Maka tanaman akan memberikan kita hasil yang terbaik. Oleh karena itu, ada hubungan antara manajemen yang baik dan hasil yang baik.

Secara umum pemberian unsur hara nitrogen adalah 20% dari pupuk utama, pupuk tambahan pertama – 40%, dan pupuk tambahan kedua – 40%.

Tmmd 110 Di Tambakrejo Bojonegoro, Anggota Satgas Dampingi Petani Pupuk Padi

Pupuk utama untuk unsur hara N hanya diberikan sebesar 20% karena tanaman padi berumur sekitar 7-10 hari masih kecil, perakarannya sedikit dan tidak memerlukan banyak pupuk yang mengandung unsur hara N. Sedangkan untuk unsur hara yang mengandung P dan K, pengaplikasian pupuk utama 50% dan sisanya 50% pupuk susulan pertama.

Padahal, jika petani lain mau menggunakan pupuk organik (seperti ampas tebu, kompos jerami) dan menggunakan kapur barus, maka penggunaan pupuk anorganik bisa dikurangi. Pemberian pupuk organik kurang lebih 1 sampai 2 t/ha. Pupuk organik juga bermanfaat membantu tanaman menyerap pupuk kimia.

Bahkan, pemerintah sudah merekomendasikan dosis pupuk apa yang harus diberikan pada tanaman padi, dan petani lain bisa bertanya kepada PPL setempat berapa dosis pupuk di wilayahnya masing-masing.

Secara umum rekomendasi pupuk untuk tanaman padi per hektar adalah: Urea 200 kg – 250 kg, SP36 100 kg – 150 kg dan KCl 75 kg – 100 kg. Bila menggunakan NPK, dosisnya adalah 100-150 kg urea dan 300 kg NPK. Untuk mendapatkan dosis pupuk yang tepat, perlu dilakukan analisis tanah di lokasi.

See also  Lowongan Yang Bisa Dikerjakan Dirumah

Keren, Padi Amphibi Gamagora Bisa Ditanam Di Lahan Non Sawah

Bila menggunakan pupuk Phonska dan urea : 300 kg pupuk NPK Phonska dan 100-150 kg pupuk urea (kandungan unsur hara 113 kg N, 45 kg P2O5 dan 45 K2O).

Pemupukan dasar ini sebaiknya dilakukan pada saat tanaman berumur antara 7 sampai 10 hari, dimana pada saat itu akar padi sudah mulai berkembang dan siap menyerap pupuk yang diberikan walaupun jumlahnya sedikit. Selain itu, benih yang baru ditanam akan beradaptasi dengan lingkungan dalam beberapa hari (akibat stres). Inilah sebabnya mengapa beberapa daun menguning dan kering. Baru setelah itu proses pertumbuhan akar berlangsung. Oleh karena itu, dosis nitrogen yang terkandung pada pupuk pertama sebelum tanam adalah setengah dari dosis pupuk ke-2 dan ke-3.

Sedangkan untuk pupuk NPK Ponska, pupuk ini memiliki nilai tambah karena mengandung belerang kurang lebih 10%. Salah satu fungsi belerang adalah merangsang pertumbuhan tanaman muda.

Untuk memaksimalkan fungsi pupuk, sebaiknya dipadatkan setelah pemupukan. Jika hal ini dilakukan maka pupuk akan bertahan lebih lama di lapangan, pupuk terserap maksimal oleh akar tanaman, tanaman lebih subur, gulma terkendali, hasil panen meningkat, dan lain-lain.

Bptp Balitbangtan Sultra Desiminasikan Teknologi Jajar Legowo Super Di Baubau

Pemupukan dilakukan sekitar minggu ke-3 atau jam 9 malam, sama seperti pemupukan utama, setelah pemupukan dijalani agar dapat diserap tanaman secara maksimal.

Pemberiannya kurang lebih 30 sampai 40 hari setelah tanam, saat tanaman padi sudah menghasilkan malai. Saat ini, daun tanaman harus berwarna hijau untuk diberi makan, terutama daun terakhir. Daun terakhir yang masih agak hijau menandakan isi malai semakin baik, semakin rendah. Dan apabila daun malai yang terakhir berwarna kuning maka bulir yang diperoleh kurang bergizi, , ,

Ingat proses stamping pada tahap ini kami lakukan karena masa pengisian gabah akan lebih lama, sekitar 4-5 hari. Hasilnya, malai yang kami produksi akan banyak yang berbuah.

Selain menggunakan pupuk kimia, alangkah baiknya jika petani juga menggunakan pupuk/pupuk organik penyemprotan/POC/MOL. Setidaknya 3 semprotan diberikan. Waktunya kira-kira jam 3 sore, 30 malam, dan 70 malam.

Ratusan Sawah Tadah Hujan Di Pangandaran Kembali Digarap

Jika petani ingin memberikan takaran yang lain, bisa juga sebagai berikut: pemberian pupuk ke-1 (75 kg urea + 50 kg TSP + 40 KCL), pemberian pupuk ke-2 (100 kg urea + 50 kg TSP + 35 KCL) dan ke-3 pemberian pupuk (75 kg urea)

See also  10 Usaha Yang Menjanjikan Di Masa Depan

Apabila pupuk TSP tidak tersedia dapat diganti dengan 128 SP36 /TS. Jika daun masih terlihat hijau, berikan pupuk ke 3 (bisa dikurangi menjadi 50-75 kg urea)

Ini adalah dosis umum dan cara pemberian nasi. Semoga artikel ini dapat menambah pemahaman dan pengetahuan para petani indonesia, dan tentunya semoga artikel ini dapat membantu meningkatkan produksi para petani semuanya (sebelumnya) bersama Qadus Wb Imam Surbakti meninjau sawah tadah hujan. yang terendam akibat hujan deras. (/Amirul Khair)

, Pantailabu – Ratusan hektare sawah tadah hujan di Desa Durian, Kecamatan Pantailabu, Wilayah Deliserdang terendam banjir usai hujan deras, kawasan pesisir pantai Pantailabu terendam banjir pada Rabu malam (24/6).

Pompanisasi Sejuta Hektare Sawah Tadah Hujan Dimasifkan

Kepala Desa Durian Supiyadi didampingi Kepala Desa Vb Imam Surbakti saat meninjau persawahan, Kamis (25/6), menjelaskan, akibat hujan deras sekitar pukul 21.30 WIB hingga 23.30 WIB air mengalir ke sungai. sawahnya semakin luas.

Hujan deras bisa membahayakan tanaman padi petani yang berumur sekitar 14 hingga 20 hari jika hujan terus berlanjut. Apalagi jika padi sudah dipupuk, karena bisa menyebabkan batang padi membusuk.

Namun, karena lokasi persawahan berbeda-beda tergantung curah hujan, maka ancaman pembusukan tanaman padi juga berbeda-beda. Tapi saya berharap tidak ada hujan lagi agar air cepat hilang dalam satu atau dua hari.

Suriya Vibova, warga Dusun I, mengaku khawatir sawahnya terendam banjir karena umur bibit masih sekitar 16 hari. Pasalnya, kemarin ia baru saja memupuk tanaman padi yang baru ditanam dan berumur 16 hari.

Inilah Inovasi Teknologi Budidaya Padi Di Sawah Tadah Hujan

“Kalau 2-3 hari ke depan tidak turun hujan deras, ya kami tanggung. Apa batang padinya kurang kuat,” jelasnya.

Hal serupa juga disampaikan Sulaiman (41), warga Dusun II, yang juga baru saja menanam padi di lahan sekitar 2 hektar dengan tanaman padi berumur 16 hari. Namun, ia berharap padinya bisa bertahan setelah hujan deras berhenti. Cara Pemupukan Padi Mekong, Cara Pemupukan Padi Yang Benar, Pemupukan Sawah, Cara Pemupukan Padi Di Selamat. Padi Mapan 05, Cara Pemupukan Padi yang Benar, Cara Pemupukan Padi Padi, Cara Pemupukan Padi Sertani 13, Cara Pemupukan Padi Lintasu

3. Pada umur 10 hari, semprotkan bibit dengan takaran 4 sendok makan (80 gram) + 15 liter air.

3. Total konsumsi Agrodyke untuk sterilisasi lahan adalah 2 kg per 1 ha. 4. Fungsi sterilisasi tanah membuat lahan subur rusak karena terlalu banyak mengonsumsi bahan kimia.

Benih Padi Unggul Tamanu

1. Pemberian pakan utama pertama dilakukan 7-10 hari setelah tanam. Campurkan 2 kg Agrodyke dengan 100 kg urea/NPK per hektar

See also  Cara Menghapus Pesan Di Wa Yg Sudah Lama Terkirim

2. Pemberian pakan selanjutnya dilakukan 35-40 hari setelah tanam. Campurkan 1 kg Agrodyke dengan 50 kg urea/NPK per hektar

1. 15 hari setelah tanam, semprot tanaman dengan 5 sendok makan (100 gram) Agrodyke + 15 liter air. Total konsumsi Agrodyke untuk 1 ha adalah 1 kg.

2. 30 hari setelah tanam, semprot tanaman dengan dosis 5 sendok makan (100 gram) air Agrodyke + 15 l. Total konsumsi Agrodyke untuk 1 ha adalah 1 kg.

Petani Sawah Tadah Hujan Martapura Mulai Semai Padi, Hadapi Masa Tanam Pertama

3. 45 hari setelah tanam, semprot tanaman dengan dosis 5 sendok makan (100 gram) Agrodyke + 15 liter air. Total konsumsi Agrodyke untuk 1 ha adalah 1 kg.

Catatan: 60 hari setelah tanam, semprot tanaman dengan 5 sendok makan (100 gram) Agrodyke + 15 liter air. Total konsumsi Agrodyke untuk 1 ha adalah 1 kg. Untuk mencegah burung menyerang padi dan menambah bobotnya. Nutritive Fertilizer On-Site Application (PHSL) adalah alat TI untuk mengambil keputusan penggunaan pupuk di sawah. Dengan menjawab 15 hingga 20 pertanyaan, petani bisa mendapatkan rekomendasi pupuk yang akurat. Berdasarkan pertanyaan-pertanyaan tersebut, para petani dapat memperoleh jawaban atas pertanyaan mereka mengenai aplikasi pupuk melalui telepon seluler atau telepon selular (melalui SMS), melalui aplikasi web atau aplikasi Android melalui smartphone. Pertanyaan yang perlu dijawab petani antara lain luas lahan, ketinggian lahan di atas permukaan laut, frekuensi tanam per tahun, musim tanam, sumber air irigasi pada musim yang dipilih, cara budidaya (tanam atau tanam langsung), varietas, analisis tanah dan penanaman padi. bidang lokasi.

Penerapan Pemupukan Tergantung Lokasi (PHSL) pada padi sawah merupakan pedoman dalam menentukan rekomendasi pemupukan pada tanaman padi berdasarkan kondisi lokal, kebutuhan tanaman, dan tingkat hasil yang dapat dicapai. Petani diimbau melakukan pemupukan tanaman padi dengan jenis, jumlah, cara dan waktu yang sesuai. Panduan ini dibuat dengan komputer dan dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian bekerja sama dengan International Rice Research Institute (IRRI).

PHSL merupakan aplikasi online di website IRRI: http://webapps.irri.org/nm/id dan pada telepon seluler yang dirancang untuk penyuluh lapangan pertanian dan petani sebagai panduan dalam menentukan tarif/tarif pupuk dan waktu pemberian pupuk pada padi.

Panen Padi Sawah Tadah Hujan

Bibit padi unggul untuk sawah tadah hujan, benih padi untuk sawah tadah hujan, zakat mal untuk sawah tadah hujan yaitu, budidaya padi sawah tadah hujan, cara tepat pemupukan padi sawah, pemupukan berimbang padi sawah, padi tadah hujan, zakat sawah tadah hujan, padi sawah tadah hujan, pemupukan pertama padi sawah, cara pemupukan padi sawah, tanaman yang cocok di sawah tadah hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *