Jelaskan Tata Cara Mencuci Tangan Yang Benar

Jelaskan Tata Cara Mencuci Tangan Yang Benar – Mencuci tangan adalah mengoleskan air sabun, seluruh kulit tangan dengan rapat dan singkat, kemudian membasuhnya di bawah air mengalir (Larsan, 1995). Mencuci tangan adalah proses menghilangkan kotoran dan kotoran dari kulit tangan secara mekanis dengan menggunakan sabun dan air sederhana (DEPKES, 2007).

Dari beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa cuci tangan pakai sabun adalah tindakan sanitasi dengan cara membersihkan tangan dan jari dengan air dan sabun orang agar menjadi bersih dan memutus mata rantai kuman.

Jelaskan Tata Cara Mencuci Tangan Yang Benar

Bahan pembersih sabun baik padat maupun cair dapat membantu dalam proses menghilangkan kotoran dan kuman yang menempel di permukaan luar kulit tangan dan kuku. Mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun akan menghilangkan sebagian kotoran dan kuman. Meskipun demikian, ini sangat membantu mengurangi risiko infeksi

Sepele, Tapi Harus Dibiasakan

Bagi setiap orang, mencuci tangan merupakan tugas yang tidak pernah bisa dipisahkan. Karena itu adalah perlindungan diri terhadap lingkungan luar. Lalu kapan waktu yang tepat untuk mencuci tangan?

Anak kecil cenderung bermain di tempat yang kotor, seperti tanah. Dimana kita tahu bahwa banyak kuman yang ada di tanah, maka setelah bermain anda perlu mencuci tangan agar kuman yang ada di tanah tidak menempel dan tidak menempel di tangan anda.

Untuk adik-adik juga bisa mencuci tangan sebelum dan sesudah sekolah, sebelum dan sesudah bangun tidur dan setelah melakukan pekerjaan lain.

Berikut langkah-langkah cuci tangan menurut rekomendasi WHO tahun 2005, yaitu 7 langkah yang dibangun dari 10 langkah. Cara paling efektif untuk membunuh virus corona adalah mencuci tangan dengan sabun. Namun, kebanyakan orang tidak mengetahui alasannya. Jadi, bagaimana sabun membunuh virus corona?

See also  Download Aplikasi Top Up Domino Island

Kesadaran Diri Dan Empati Di Masa Pandemi

Jika dilihat di bawah mikroskop, anatomi virus corona ditutupi oleh lapisan protein dan lemak. Pada umumnya virus sangat mudah menempel dimana saja. Ketika kita hanya mencuci tangan dengan air, virus tidak akan meninggalkan tangan kita begitu saja. Sebagian besar virus tetap menempel dan siap menginfeksi jika masuk ke saluran pernapasan saat kita menggaruk hidung, menyentuh wajah, menjilat bibir, atau menggosok mata.

Tapi, bagaimana sabun bisa membunuh virus? Jawabannya karena sabun terdiri dari molekul surfaktan. Molekul yang terdiri dari kepala dan ekor ini memiliki dua sisi, hidrofilik yang menarik air dan hidrofobik yang menolak air. Molekul hidrofobik berasal dari hidrokarbon, yang lebih tertarik pada lemak.

Surfaktan kemudian bekerja dengan cara mengangkat virus corona yang tubuhnya diselimuti lemak. Oleh karena itu, surfaktan akan membunuh virus seperti halnya sabun menghilangkan lemak yang menginfeksi piring kotor. Lebih tepatnya, molekul tersebut menonaktifkan virus, mencegahnya memasuki sel manusia.

Ekor surfaktan akan tetap berada di lapisan lemak selubung virus, sedangkan kepala surfaktan akan diikuti oleh air. Saat kita mencuci tangan, surfaktan merobek selubung virus, lalu membungkus tubuh virus corona menjadi bola-bola kecil. Kemudian, saat kita mencuci tangan, kepala surfaktan akan mengangkatnya dan virus yang menempel di tangan akan ikut terbawa air.

Eksperimen Melihat Kuman & Bakteri Yang Tidak Terlihat

Namun, jika cara dan tata cara mencuci tangan kita masih belum benar, maka virus akan tetap ada di tangan kita. Mencuci tangan bukan hanya tentang membasahi tangan, menutupinya dengan sabun dan menyelesaikan mencuci. Kita mungkin merasa tangan kita sudah bersih dan bebas virus, padahal masih ada virus dan kita masih bisa tertular. Lihat gambar di atas untuk mempelajari cara mencuci tangan yang baik dan benar.

See also  Cara Pindahkan Saldo Ovo Ke Grab

Website desa ini berbasis aplikasi Sistem Informasi Desa Berdaya (SID) yang dirintis dan dikembangkan oleh Lembaga Sumber Daya Gabungan sejak tahun 2009 sehubungan dengan Lisensi SID Berdaya. Konten website ini tunduk pada ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Lisensi Penyebarluasan Informasi Publik dan Atribusi-Non-Komersial-Non-Derivatif 4.0 Internasional (CC BY-NC-ND 4.0)

Tuliskan tata cara mencuci tangan dengan benar, jelaskan tata cara cuci tangan yang baik dan benar, tata cara mencuci muka yang benar, tata cara mencuci tangan yang benar, gambar tata cara mencuci tangan dengan benar, jelaskan cara mencuci tangan yang benar, tata cara mencuci tangan yang baik dan benar, jelaskan cara mencuci tangan yang benar menurut kesehatan, jelaskan tata cara mencuci tangan dengan benar, tata cara mencuci tangan dengan benar, tuliskan tata cara mencuci tangan yang baik dan benar, jelaskan tata cara mencuci tangan yang baik dan benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *