Jogging 5 Km Berapa Kalori

Jogging 5 Km Berapa Kalori – Lari dan joging seringkali dibingungkan oleh kebanyakan orang. Apa bedanya? Mari kita bahas di artikel ini!

Ada perbedaan antara jogging dan jogging, meski sekilas tampak sama. Perbedaan signifikan antara keduanya terletak pada dua hal: irama (kecepatan lari) dan pengeluaran energi.

Jogging 5 Km Berapa Kalori

Saat jogging, orang cenderung berlari dengan kecepatan lebih lambat, membakar lebih sedikit kalori dibandingkan jogging, yang biasanya di bawah kecepatan minimum 6-7 menit/km, dan membakar lebih banyak kalori.

Ide Daftar Kalori Olahraga Teratas Di 2024

Selain itu, perbedaan jogging dan joging adalah cara otot Anda merespons kedua gerakan tersebut. Inilah perbedaan jogging dan lari biasa.

Perbedaan lari dan jogging juga terletak pada reaksi tubuh. Jogging akan melatih tubuh untuk fokus pada daya tahan dan stamina dibandingkan kecepatan.

Tubuh akan dilatih untuk menghemat energi agar mampu berlari dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, kapasitas aerobik tubuh (pemanfaatan oksigen) meningkat.

Pada saat yang sama, lari mendorong otot hingga batas kemampuannya, membakar lapisan lemak subkutan dan memicu peningkatan kapasitas anaerobik, yang pada akhirnya meningkatkan sistem metabolisme (membakar lemak menjadi energi).

Jenis Jenis Olahraga Yang Bisa Membakar Banyak Kalori

Jogging biasanya dilakukan dengan kecepatan lari di atas 6-7 menit/km, dan di bawahnya bisa disebut jogging.

Namun hal ini tentu saja relatif mengingat pengalaman mereka yang melakukan hal tersebut. Meskipun seorang pemula mungkin menyebut lari 6-7 menit/km sebagai lari, pelari berpengalaman mungkin menganggapnya sebagai lari.

Beberapa orang percaya bahwa jika seseorang tidak memiliki rencana lari yang jelas dan tidak mengikuti acara lari seperti maraton, maka dia dianggap sebagai pelari.

Meski begitu, lari atau jogging tetap merupakan olahraga yang menyehatkan dan perbedaan beberapa hal di atas hanya sekedar perbedaan dan tidak terlalu menjadi masalah.

Cara Menentukan Pace Lari Untuk Lari Interval

Perbedaan jogging dan lari juga terletak pada kecepatan dan energi yang dikonsumsi. Tentu saja hal ini disebabkan oleh kondisi lari dan lari yang berbeda. Inilah yang terjadi pada tubuh Anda saat Anda melakukan dua latihan ini.

Saat Anda berlari lebih cepat, Anda juga membangun otot lebih cepat. Otot-otot seperti bokong, paha, paha belakang, betis, dll akan diaktifkan lebih cepat dibandingkan berlari dengan kecepatan lambat.

Peningkatan lari melatih otot-otot tubuh untuk pulih dari kelelahan dan menggunakan oksigen dengan lebih efisien sekaligus menghasilkan energi.

Sistem jantung juga lebih berkembang, dan penderita dapat melakukan berbagai aktivitas dalam waktu lama tanpa merasa terlalu lelah. Inilah yang terjadi ketika pelari maraton berlari puluhan kilometer.

Joging Siang Hari Lebih Efekif Membakar Lemak Ketimbang Lari Pagi

Ngomong-ngomong, saat berlari, meski bisa diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan jogging, karena otot menghabiskan banyak energi, tubuh membakar karbohidrat dan lemak secara bersamaan.

See also  Cara Deposit Binomo 50 Ribu

Otot juga lebih aktif, membakar lapisan lemak yang ada dan membentuk otot sehingga tubuh terlihat lebih energik.

Saat tubuh Anda berlari lebih cepat, ia membakar lebih banyak kalori karena otot lebih aktif menghasilkan energi dibandingkan saat jogging. Selain itu, jogging yang berat juga menimbulkan efek afterburn pada tubuh Anda, sehingga kalori terus dibakar setelah berlari.

Namun, sebagai bagian dari relaksasi, Anda juga harus jogging dengan kecepatan lambat, yang akan menurunkan detak jantung Anda dengan lebih aman. Meski lari tidak membakar lemak lebih banyak dibandingkan jogging.

Pilihan Olahraga Yang Cepat Menurunkan Berat Badan

Hal ini menunjukkan bahwa kita memerlukan kedua latihan tersebut agar kita dapat memperoleh manfaat maksimal dari berlari dan mencegah cedera serta masalah lain yang timbul saat berlari dengan intensitas tinggi.

Apa pun olahraga favorit Anda, selalu pastikan Anda melakukan pemanasan secara menyeluruh dan benar untuk menghindari cedera yang tidak perlu.

Jangan lupa untuk melakukan pendinginan, seperti berjalan kaki selama 5-10 menit setelah lari, karena ini akan membantu detak jantung dan otot Anda kembali normal.

Jika ditanya berapa lama waktu yang dibutuhkan seorang pemula untuk berlari? Maka jawabannya mungkin berubah. Namun untuk mendapatkan manfaat maksimal dari lari, lari 15-30 menit sebenarnya cukup membantu Anda memperbaiki masalah kardiovaskular dan metabolisme.

Apakah Anda Suka Olahraga Lari? Seberapa Sering Dalam Seminggu Anda Berlari? D Mana Anda Suka Berlari?

Jika Anda ingin mencapai tingkat kebugaran yang lebih tinggi, Anda mungkin disarankan untuk berlari dalam jangka waktu yang lebih lama, sekitar 30-60 menit setiap kali, hingga 3 hingga 5 kali per minggu.

Namun bagi pemula atau orang dengan masalah kesehatan tertentu, disarankan untuk memulai dengan durasi yang lebih singkat dan kemudian ditingkatkan secara bertahap.

Ingat, selalu bicarakan dengan dokter atau pelatih Anda sebelum memulai program olahraga baru, dan dengarkan tubuh Anda untuk menghindari cedera atau latihan berlebihan.

Kapan waktu terbaik untuk berlari? Pertanyaan ini sering muncul ketika bertanya pada para ahli. Namun pada dasarnya semua waktu adalah waktu terbaik untuk berlari.

Manfaat Olahraga Lari Selama 30 Menit

Lari pagi sangat menyenangkan karena udaranya masih sejuk dan bersih bagi yang membutuhkan udara segar.

Namun bagi mereka yang tinggal di kota atau perkotaan yang sibuk, lari pagi mungkin agak sulit karena polusi.

Udara pagi di perkotaan yang padat mengandung polusi berupa asap dan berbagai senyawa hasil pembakaran mesin dari hari sebelumnya yang tersaring ke dalam tanah.

See also  Resep Masakan Enak Dan Gampang

Oleh karena itu, bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan, sebaiknya mulai berlari mulai pukul 06.30 agar tidak menghirup polutan saat berlari.

Lebih Dekat Dengan Agus Prayogo

Tentu saja, karena lari setiap hari akan membawa manfaat yang sangat besar. Ini karena aktivitas fisik yang teratur meningkatkan kemampuan aerobik dan daya tahan Anda, sehingga meningkatkan tingkat kebugaran Anda.

Namun, jika Anda memang ingin menjadi seorang pelari dan menginginkan lebih dari itu, lari saja tentu tidak cukup.

Sebaiknya tambahkan latihan otot, lari kecepatan tinggi, dan lari jarak jauh agar kemampuan Anda sebagai pelari meningkat secara merata.

Menentukan seberapa cepat Anda harus berlari memang agak sulit. Hal ini karena terkadang kita tidak menyadari bahwa kecepatan lari kita melambat atau terlalu cepat.

Bagaimana Cara Berlari Untuk Menurunkan Berat Badan?

Oleh karena itu, kecepatan lari terbaik adalah saat Anda dapat berbicara dan bernapas dengan nyaman.

Cobalah melakukan percakapan normal dengan rekan lari Anda selama lari 1 km. Jika Anda mulai merasa sesak napas, pelan-pelan saja dan pastikan Anda bisa mengucapkan 1-2 kalimat dengan lancar setiap kali menarik napas.

Dalam dunia lari, hal ini disebut percakapan kecepatan. Meskipun tubuh kita bergerak sangat cepat, sistem pernapasan kita tetap berfungsi pada kecepatan atau kecepatan normal.

Jarak lari yang tepat tergantung pada tujuan lari Anda. Jika lari adalah hal yang normal dan hanya bagian dari rutinitas harian Anda, jarak 3 kilometer sudah cukup untuk memberikan manfaat bagi kesehatan Anda.

Cara Finish Lari 10k Dalam Waktu 45 Menit

Namun jika lari merupakan bagian dari pemanasan atau pendinginan sebelum lari lebih cepat maka jarak larinya adalah 500 meter – 1 km.

Jarak ini mungkin bertambah tergantung pada intensitas lari Anda. Semakin intens lari Anda, semakin jauh Anda harus menempuh jarak.

Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca. Pilihlah sneakers yang nyaman dan pas di kaki Anda. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan ringan sebelum memulai lari untuk menghindari cedera.

Mulailah dengan berjalan kaki atau jogging perlahan selama beberapa menit untuk menghangatkan tubuh. Kemudian secara perlahan tingkatkan kecepatan dan joging.

Panduan Menggunakan Strava Untuk Olahraga Lari Dan Sepeda

Pastikan tubuh Anda tegak, kepala tegak, dan mata terfokus pada jalan di depan. Jangan membungkuk atau membungkuk saat berlari.

Baca Juga 3 Hal Penting yang Perlu Diketahui Tentang Cara Bernapas Saat Berlari (Cara Mengontrol Pernafasan, Hidung dan Mulut, serta Cara Meregangkan Pernapasan) | Bagaimana Cara Bernapas Saat Berolahraga?

Jangan menekan tumit Anda dengan keras. Jaga lutut tetap di atas pergelangan kaki dan jangan terlalu banyak menendang atau mengangkat kaki terlalu tinggi. Pelajari cara mendarat dengan benar saat berlari.

See also  Free Download Adobe After Effects

Saat pertama kali mulai berlari, jangan terlalu bersemangat untuk meningkatkan kecepatan atau jarak. Pertahankan kecepatan dan fokuslah untuk menjaganya serendah mungkin.

Perbedaan Lari Dan Joging

Jangan langsung berhenti setelah berlari. Lakukan pendinginan sedikit dengan berjalan atau berlari perlahan selama beberapa menit. Ini membantu mencegah pusing atau nyeri otot.

Baca Juga: Alasan kenapa sebaiknya jangan langsung duduk setelah lari adalah karena tubuh sedang mengalami proses pendinginan dan mengirimkan darah kembali ke jantung. |Jangan duduk setelah berlari.

Untuk menjadi cukup kuat untuk berlari, tidak ada alternatif lain selain jalan kaki, lari, jogging, bersepeda, atau berenang 3-5 kali seminggu.

Latihan-latihan yang kami sebutkan di atas merupakan latihan aerobik yang meningkatkan stamina atau stamina. Semakin baik tingkat daya tahan Anda, semakin baik tubuh Anda beradaptasi dengan lari dan olahraga berat lainnya.

Daftar Kalori Berolahraga Paling Lengkap❗

Selain itu, stamina atau stamina hanya akan berhasil jika dilakukan secara bertahap dan terus menerus. Jika selama ini Anda malas berolahraga, jangan berharap bisa berlari selama satu jam penuh.

Baca Juga 5 Hal yang Bikin Malas Saat Lari dan Solusinya |Bagaimana Mengatasi Rasa Malas Saat Berolahraga?

Perbedaan jogging dan lari sangat bergantung pada mana yang Anda pilih. Pada akhirnya, apa pun pilihan Anda, olahraga terbaik untuk tubuh Anda adalah olahraga yang Anda lakukan secara teratur.

Kedua jenis lari ini baik untuk tubuh, dan hasilnya akan lebih baik lagi jika dipadukan dengan olahraga mingguan.

Manfaat Jalan Kaki, Bisa Turunkan Kalori Hingga Gula Darah Halaman All

Jika Anda merasa tubuh Anda siap untuk lari yang intens, tingkatkan kecepatannya dengan memulai dan mengakhiri dengan kecepatan yang lambat.

Jogging atau jogging ringan merupakan jogging yang paling sedikit mengeluarkan energi dan dianjurkan untuk dilakukan lebih rutin dibandingkan jogging. Mengapa? |Panduan lengkap untuk berlari.

Tabata adalah bentuk latihan intensitas tinggi yang dilakukan dalam jangka waktu lebih singkat. Inilah cara pelari berlatih untuk Tabata.

Jalan kaki mempunyai banyak manfaat, terutama bagi para pelari. Berikut beberapa manfaat jalan kaki yang perlu kita ketahui. |23 Manfaat Jalan Kaki

Bandung Ultra 100: Tips Taklukan Lomba

Pembahasan tentang lari dan perbedaannya dengan lari ini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau sesuatu yang ingin didiskusikan, silakan beri komentar di bawah!

Jika kamu

Berjalan 1 km berapa kalori, jogging 5 km, jogging 2 km berapa kalori, jogging bakar berapa kalori, jogging 5 km membakar berapa kalori, lari 1 km berapa kalori, jogging membakar berapa kalori, bersepeda 5 km membakar berapa kalori, jogging 4 km berapa kalori, jogging 1 km berapa kalori, jogging 2 km membakar berapa kalori, jogging km

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *