Makanan Aman Bagi Penderita Diabetes

Makanan Aman Bagi Penderita Diabetes – Pakar dari UGM menyampaikan, pola makan dan menu merupakan dua hal yang perlu diperhatikan penderita diabetes guna menjaga kestabilan kadar gula darah.

Lastdes Cristiany Friday, selaku dosen Departemen Biostatistik, Epidemiologi dan Kesehatan Penduduk Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Madame, membagikan delapan poin penting bagi penderita diabetes untuk mengelola gula darahnya agar tetap stabil.

Makanan Aman Bagi Penderita Diabetes

Menurut Lastdes, diabetes disebabkan oleh tidak berfungsinya produksi insulin sehingga gula darah meningkat dengan cepat dan tidak stabil. Makanlah makanan dengan indeks glikemik rendah untuk menjaga kestabilan gula darah.

Tetap Aman Saat Puasa Bagi Penderita Diabetes, Ini Tipsnya

Meski sedang menjalani diet gula, penderita diabetes tetap perlu memperhatikan kebutuhan kalorinya. Sayangnya, 60 persen kalorinya adalah karbohidrat, padahal makanan berkarbohidrat umumnya tinggi glukosa.

“Kebutuhan kalori tergantung berat badan, tinggi badan, jenis kelamin, umur,” kata Lastdes saat menjadi pembawa acara di Radio Indonesia Sehat UGM pada Kamis, 3 September 2021 seperti dikutip Tempo dari ugm.ac.id.

Setelah memperhatikan kebutuhan kalori, kata Lastdes, sebaiknya makanan dibuat dengan mempertimbangkan indeks glikemik. Indeks glikemik sendiri ditentukan berdasarkan kandungan karbohidrat dan kandungan serat. Makanan tinggi serat umumnya memiliki indeks glikemik yang lebih rendah.

“Daripada nasi putih, pilihlah nasi berwarna seperti nasi merah, nasi merah, dan nasi hitam,” kata dosen FKKMK UGM ini.

Ketahui 10 Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Diabetes!

Makanan dengan indeks glikemik tinggi bukan tidak mungkin untuk dikonsumsi, namun tetap harus diperhatikan. Misalnya saja Lastdes yang melarang penderita diabetes mengonsumsi pisang setelah makan karena berbahaya bagi penderita diabetes.

Namun, bukan berarti penyandang disabilitas tidak bisa menikmati buahnya. “Makanan yang mengandung indeks glikemik rendah dan aman dikonsumsi penderita diabetes adalah mangga, jeruk, wortel, apel, anggur dan lain sebagainya,” ujarnya.

Lantas bagaimana penderita diabetes bisa tetap menikmati makanan lezat tanpa khawatir lonjakan gula darahnya?

Atau dibakar. Pepes misalnya ikan asalkan tidak diminyaki. Untuk menambah rasa, Lastdes menyarankan untuk menambahkan pasta cabai.

Pola Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Selain melakukan pola makan dengan mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung glukosa, Lastdes juga memberikan panduan pola makan bagi penderita diabetes. Setengah lingkaran sayur, setengah lingkaran dibagi lauk hewani atau nabati, protein dan karbohidrat, kata Lastdes. Makanan bagi penderita diabetes tidak boleh sembarangan. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi, bisa sangat berbahaya. Oleh karena itu, pemilihan makanan sangat penting untuk menjaga kestabilan kadar gula darah.

Ada beberapa jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3 DHA dan EPA yang memiliki efek sangat baik bagi kesehatan jantung, seperti salmon, sarden, teri, dan mackerel.

Menurut Healthline, DHA dan EPA dapat melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi arteri.

See also  Cara Bermain Octafx Bagi Pemula

Selain itu, penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa mengonsumsi ikan dengan kandungan lemak baik merupakan sumber protein yang dapat mengatur dan menstabilkan kadar gula darah.

Sindografis: 5 Makanan Untuk Penderita Diabetes Agar Tidak Lemas

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, kubis dan lain-lain merupakan sumber pangan yang bergizi tinggi, rendah kalori, dan rendah karbohidrat.

Selain itu, sayuran hijau juga mengandung sumber mineral dan vitamin C. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa penderita diabetes biasanya memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah dibandingkan orang normal.

Selain vitamin, sayuran hijau mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang mampu melindungi mata dari katarak. Selain itu, penderita diabetes seringkali mengalami gangguan penglihatan.

Salah satu buah yang tidak banyak mengandung gula adalah alpukat. Selain itu, alpukat juga tinggi serat, karbohidrat, dan lemak sehat. Jadi Anda tidak perlu khawatir buah ini bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Makanan Enak Yang Aman Buat Penderita Diabetes, Tetap Manis

Konsumsi alpukat secara rutin juga baik bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Selain itu, buah ini mampu menurunkan resistensi insulin dalam tubuh.

Konsumsi telur secara teratur membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, telur tinggi lemak dan rendah karbohidrat.

Untuk hasil yang optimal, Anda bisa mengonsumsi 6 hingga 12 butir telur per minggu untuk menjaga kesehatan dan menjaga asupan protein.

Biji chia adalah makanan yang sangat baik untuk penderita diabetes. Tak hanya tinggi serat, chia seed juga rendah karbohidrat.

Makanan Saat Natal Ini Aman Bagi Penderita Diabetes

Selain itu, serat pada chia seed dapat membantu menurunkan gula darah dan menjaga indeks glikemik, terutama pada penderita diabetes.

Makanan lain yang baik untuk penderita diabetes adalah kacang-kacangan. Makanan ini tidak hanya bergizi, tapi juga kaya vitamin B, mineral, kalsium, potasium, magnesium, dan serat.

Selain itu, kacang-kacangan juga memiliki indeks glikemik yang sangat rendah sehingga baik untuk mengontrol kadar gula darah berlebih. Faktanya, pada orang yang memiliki kadar gula normal, kacang-kacangan mampu mengontrol berat badan.

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi satu porsi yogurt setiap hari ternyata efektif menurunkan risiko diabetes? Jenis makanan ini juga mengandung protein, kalsium dan lemak baik yang disebut asam linoleat.

Bolehkan Penderita Diabetes Makan Semangka?

Yoghurt Yunani juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu menurunkan berat badan. Soalnya,  yoghurt Yunani hanya mengandung 6-8 gram karbohidrat per porsi, lebih sedikit dibandingkan yogurt biasa.

Ini adalah salah satu sayuran paling bergizi dan rendah kalori. Itu karena setengah cangkir brokoli matang mengandung 27 kalori, 3 gram karbohidrat, vitamin C, dan magnesium.

Dengan mengonsumsi brokoli, Anda bisa mencapai kadar gula darah yang lebih stabil karena mengandung sulforaphane, senyawa kimia yang memiliki efek positif bagi kesehatan.

See also  Style Yang Cocok Untuk Pria Kurus

Minyak zaitun mengandung asam oleat, sejenis lemak tak jenuh tunggal. Kandungan tersebut mampu meningkatkan indeks glikemik dan menurunkan trigliserida puasa.

Cemilan Sehat Penderita Diabetes, Gula Darah Tinggi, Makanan Bernutrisi Tinggi Tanpa Perasa

Selain itu, minyak zaitun juga memiliki sifat antioksidan yang disebut polifenol. Kandungan tersebut dapat membantu mengurangi peradangan, melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, dan menurunkan tekanan darah.

Minyak zaitun juga merupakan satu-satunya sumber makanan yang terbukti mengurangi risiko penyakit jantung. Namun berhati-hatilah saat memilih karena saat ini banyak terdapat minyak zaitun yang tidak murni.

Juga dikenal sebagai biji rami, makanan ini kaya akan asam lemak omega-3 nabati yang disebut asam alfa-linolenat (ALA). Selain itu, flaxseed juga kaya akan serat.

Tak heran, makanan tersebut baik untuk kesehatan, termasuk membantu menurunkan gula darah berlebih. Selain itu, pada orang yang menderita diabetes,

Makanan Untuk Penderita Diabetes, Masih Enak Dan Tetap Manis

Cuka sari apel juga mengandung sifat antimikroba dan antioksidan. Selain itu, cuka apel juga memiliki bahan aktif yaitu asam asetat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Untuk mencernanya, Anda bisa mencampurkan 4 sendok teh cuka sari apel dengan segelas air setiap hari sebelum makan. Jika belum terbiasa, masukkan 1 sendok teh ke dalam segelas air dan tingkatkan secara teratur.

Stroberi kaya akan serat dan memiliki kandungan glikemik yang rendah, sehingga mampu menurunkan gula darah dan menjaganya tetap stabil. Tak heran jika buah ini sangat baik untuk penderita diabetes.

Satu porsi stroberi mengandung sekitar 53,1 kalori dan 12,7 gram karbohidrat yang mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda.

Makanan Indeks Glikemik Rendah, Aman Untuk Diabetes

Bawang putih sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tahukah Anda, bawang putih berkontribusi dalam pengaturan kadar gula darah dan kolesterol.

Meski bawang putih tidak kaya karbohidrat, makanan ini bisa memengaruhi kadar gula darah. Selain itu, bawang putih juga merupakan sumber vitamin B-6 dan C.

Makanan penderita diabetes lainnya yang memiliki kandungan glikemik rendah adalah labu kuning. Tenang saja, meski rendah gula dan kalori, labu kuning juga bisa membuat Anda kenyang.

Setiap porsi labu kuning mengandung antioksidan dan polisakarida yang mampu menurunkan kadar insulin dan glukosa darah. Makanan ini memiliki tekstur yang halus sehingga cocok untuk bayi maupun orang dewasa.

Kasabi: Makanan Ringan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Makanan lain yang cocok untuk penderita diabetes adalah mie shirataki. Makanan lengket berbentuk jeli ini terbuat dari glukomanan, sejenis serat dari akar tanaman konjak.

Mie shirataki telah terbukti menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Selain itu, hampir 97% kandungan shirataki adalah air. Meski demikian, makanan ini tetap kaya akan serat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Selain memilih makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes, jaga juga kesehatan Anda secara rutin. Salah satu caranya adalah dengan melakukan kontrol gula darah secara mandiri dengan menggunakan peralatan medis yang berkualitas.

See also  Cara Membuat Akta Nikah Siri

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan alat pengukur gula darah yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih dan dapat memberikan hasil dalam hitungan detik seperti gambar di bawah ini. Kurir berangkat setiap pukul 07.00 dengan pendingin dari Jakarta Pusat. Waktu kedatangan tergantung pada jumlah pengiriman, jarak, kemacetan lalu lintas dan cuaca.

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan

Simpan jus di lemari es yang dingin. Diperkirakan jus akan bertahan 2-3 jam di suhu ruangan atau 2-3 hari di lemari es karena tidak mengandung bahan pengawet.

Salah satu penyebab penyakit diabetes adalah pemilihan pola makan sehari-hari yang salah, sehingga justru dapat menyebabkan kambuhnya penyakit diabetes dalam tubuh.

Diabetes melitus biasanya terjadi akibat tingginya gula darah yang disebabkan oleh konsumsi zat gizi makro yang berlebihan. Penyebab diabetes lainnya meliputi:

Mengonsumsi oatmeal merupakan pilihan terbaik karena oatmeal merupakan sumber karbohidrat bagi tubuh. Selain aman dikonsumsi penderita diabetes, oatmeal juga tinggi serat dan mengandung banyak nutrisi.

Ini 5 Makanan Manis Yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Selain oat, ubi juga banyak mengandung karbohidrat yang aman bagi penderita diabetes. Rasa manis pada ubi cukup aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah dalam tubuh.

Makanan ini juga aman dikonsumsi dan memiliki rasa yang manis. Jagung juga bisa dijadikan pengganti nasi dan aman bagi penderita diabetes. Jagung juga dapat mengontrol kadar gula dalam tubuh agar penyakit diabetes tidak kambuh lagi.

Meski masyarakat Indonesia tidak menghindari nasi, namun nasi putih bisa diganti dengan nasi merah bagi penderita diabetes. Pasalnya, nasi merah tidak memiliki kadar karbohidrat dan gula yang tinggi dibandingkan nasi putih. Jadi aman digunakan bagi penderita diabetes.

Jenis ikan laut seperti salmon, tuna atau sarden merupakan makanan yang aman bagi penderita diabetes karena kaya akan serat dan nutrisi. Selain itu, ikan laut mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Pengolahan ikan laut ini dianjurkan dikukus dan tidak dianjurkan digoreng.

Makanan Glycemic Index Rendah Untuk Penderita Diabetes

Sangat penting untuk menjaga asupan nutrisi seperti di bawah ini untuk membantu tubuh mengatasi penyakit ini secara alami dan cepat:

Makanan seperti nasi putih, tepung terigu, gula pasir merupakan karbohidrat kompleks. Karena itu,

Menu makanan bagi penderita diabetes, makanan yang aman untuk penderita diabetes, kurma bagi penderita diabetes, pantangan bagi penderita diabetes, makanan sehat bagi penderita diabetes, 9 makanan pantangan bagi penderita diabetes, puasa bagi penderita diabetes, sarapan bagi penderita diabetes, makanan yang aman bagi penderita diabetes, makanan bagi penderita diabetes, buah bagi penderita diabetes, pantangan makanan bagi penderita diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *