Nyeri Saat Buang Air Kecil Setelah Berhubungan Intim

Nyeri Saat Buang Air Kecil Setelah Berhubungan Intim – Pentingnya Buang Air Kecil Setelah Berhubungan Seks bagi Wanita Diterbitkan: 21 Juni 2019 Terakhir Diperbarui: 12 Oktober 2020 Kategori: 5 September 2019 Waktu: 2 menit

Banyak wanita yang belum mengetahui bahwa buang air kecil setelah berhubungan seks sangat dianjurkan. Kebiasaan menunda buang air kecil ternyata mempunyai dampak negatif. Sebaiknya buang air kecil sesegera mungkin setelah berhubungan seks dengan pasangan dan jangan malas. Mengapa? Buang air kecil setelah berhubungan seks dapat mencegah infeksi saluran kemih.

Nyeri Saat Buang Air Kecil Setelah Berhubungan Intim

Profesor Obstetri dan Ginekologi dari New York University, Dr. Frederick Naftolin mengatakan wanita lebih rentan terkena infeksi saluran kemih dibandingkan pria. Hal ini dikarenakan vagina terletak di dekat uretra dan anus. Dengan cara ini, bakteri di anus lebih mudah menyebar karena jaraknya yang relatif dekat.

Buang Air Kecil Setelah Berhubungan Intim, Apakah Penting?

Berbeda halnya dengan pria, mereka tidak perlu terburu-buru buang air kecil setelah berhubungan seks. Pria memiliki pembuluh darah yang panjang, sehingga risiko infeksi sangat rendah. Selain itu, pria tidak memiliki bakteri yang dapat merusak kandung kemih, sehingga meski tidak cepat buang air kecil, infeksi tidak akan terjadi.

Karena risiko infeksi saluran kemih pada wanita cukup tinggi, maka dianjurkan untuk buang air kecil setelah berhubungan intim. Hal ini untuk memastikan bakteri dapat langsung dikeluarkan melalui urin sebelum masuk ke dalam tubuh dan menyebar di dalamnya.

Seberapa berbahayakah infeksi saluran kemih bagi wanita? Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang organ saluran kemih seperti kandung kemih, ginjal, dan uretra. Gejalanya cukup ditoleransi, seperti nyeri saat buang air kecil dan sering buang air kecil, namun sedikit yang keluar. Selain itu, punggung bagian bawah terasa nyeri dan kencing berdarah.

Infeksi saluran kemih erat kaitannya dengan aktivitas seksual. Bakteri penyebab penyakit ini bisa masuk ke dalam tubuh melalui hubungan seksual. Selanjutnya bakteri menyebar ke uretra dan menyebabkan infeksi. Lalu dari mana bakteri ini berasal? Sumbernya bisa dari jari dan tangan, kondom, mainan seks, alat kelamin dan benda lainnya. Wanita disarankan untuk buang air kecil sesegera mungkin setelah berhubungan seks untuk mencegah bakteri masuk ke kandung kemih dan uretra.

Miss V Terasa Panas? Wapadai 9 Kemungkinan Ini

Faktanya, ISK juga bisa menyerang laki-laki, meski hanya terjadi 20% kasus. Meski jarak antara penis dan kandung kemih pada pria tidak kecil, namun tetap disarankan untuk buang air kecil untuk mencegah penyebaran bakteri. Oleh karena itu, baik pria maupun wanita sama-sama disarankan untuk membersihkan bagian pribadinya setelah berhubungan seks.

Usai menjalin hubungan intim, pasangan terkadang ragu untuk meninggalkan ranjang. Bahkan buang air kecil setelah berhubungan intim pun diperlukan, terutama bagi wanita. Tapi jangan terlalu terburu-buru. Istirahat boleh saja, namun jangan terlalu lama. Jika timbul keinginan untuk buang air kecil, sebaiknya jangan ditahan. Segera buang air kecil dapat mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh. Namun jika Anda tidak ingin buang air kecil selama beberapa jam, perbanyak minum air putih atau makan makanan yang membantu menambah cairan tubuh.

See also  Cara Banned Akun Free Fire Sultan

Jadi, meski buang air kecil setelah berhubungan seks terkesan sepele, namun berdampak besar bagi kesehatan tubuh, terutama saluran kemih. Infeksi pada organ dekat yang disebabkan oleh bakteri, bakteri, dan mikroorganisme lainnya dapat dicegah dengan membersihkan area tersebut secara rutin. Wanita membersihkan vagina dengan air hangat dan menghindari penggunaan pembersih beraroma untuk menjaga keseimbangan pH vagina.

Tim editorial berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja sama dengan dokter dan profesional kesehatan dan menggunakan sumber terpercaya dari institusi terkait. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang proses pengiriman kami di sini.

Ketahui, 5 Risiko Terlalu Sering Berhubungan Intim

Ingin buang air kecil setelah berhubungan seks tapi tidak yakin kenapa? Dokter Anda menjelaskan mengapa Anda mungkin merasakan tekanan kandung kemih setelah berhubungan seks. Bingung. (https://www.bustle.com/articles/79256-have-to-pee-after-sex-but-not-sure-why-a-doctor-explains-why-you-might-feel)

Mengapa saya perlu mengeluh setelah berhubungan seks? Berikut alasannya dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Bingung. (https://www.bustle.com/p/why-do-i-have-to-pee-after-sex-heres-the-reason-what-to-do-about-it-9206503)

Artikel ini hanya untuk informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. Sebaiknya Anda berhubungan langsung dengan ahli di bidangnya.

Terutama untuk bagian sensitif seperti saluran kemih. Anda harus sangat berhati-hati agar tidak tertular. Berikut penyebab infeksi saluran kemih pada wanita.

Pentingnya Buang Air Kecil Setelah Berhubungan Intim, Wajib Tahu!

Konten ini telah ditulis atau direview oleh para profesional kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber terpercaya.

Tim editorial berkomitmen untuk menyediakan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terkini dan bermanfaat. Anda dapat membaca seluruh proses pengiriman di sini.

Jika Anda mempunyai pertanyaan atau komentar mengenai artikel kami, Anda dapat memberitahu kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau melalui email di [email dilindungi] Beberapa wanita seringkali mengalami rasa ingin buang air kecil atau kencing saat berhubungan seks. Apakah itu tanda orgasme, atau suatu kebutuhan atau keadaan lain?

Kebanyakan wanita mungkin mengalami perasaan berhubungan seks. Pada dasarnya rasa ingin cum saat berhubungan seks adalah hal yang wajar. Namun jika kondisi ini sering terjadi, pastinya dapat mengganggu aktivitas seksual Anda dan pasangan.

Miss V Sakit Saat Berhubungan Intim? Ketahui Beberapa Penyebabnya

Posisi vagina dan kandung kemih saling berdekatan. Saat bercinta, kandung kemih bisa tertekan akibat aktivitas seksual atau posisi tertentu. Hasilnya adalah perasaan yang Anda inginkan saat berhubungan seks.

Kondisi ini akan semakin parah jika Anda tidak buang air kecil sebelum berhubungan seks. Oleh karena itu, penting untuk buang air kecil sebelum berhubungan intim agar kenikmatan seksual tidak terganggu.

See also  Cara Save Tiktok Tanpa Watermark

Tindik yang kering dapat menyebabkan iritasi dan pembengkakan di sekitar uretra. Uretra adalah saluran yang mengeluarkan urin.

Iritasi dan bengkak juga bisa disebabkan oleh kepekaan terhadap beban atau kondom. Hal ini menyebabkan sensasi diare saat berhubungan seks.

Sakit Perut Bawah Pasca Berhubungan: Apa Yang Harus Anda Ketahui Dan Bagaimana Mengatasinya

Untuk mengetahui penyebab iritasi dan bengkak, cobalah menghilangkan faktor-faktor yang diyakini menjadi penyebabnya. Misalnya dengan mengganti kondom atau oli mesin.

Menurut National Institutes of Health, hampir seperempat wanita Amerika menderita kelainan otot dasar panggul. Kondisi ini menyebabkan retensi urin, yaitu ketidakmampuan menahan urin.

Sebaiknya Anda berhati-hati jika sering merasa ingin buang air kecil saat berhubungan seks, apalagi jika Anda merasakan sensasi tersebut meski tidak sedang berhubungan seks. Sebab penyebabnya mungkin infeksi saluran kemih.

Minum terlalu sedikit air dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih. Faktor risiko lainnya antara lain sering buang air kecil, hubungan seksual yang buruk, dan kebersihan yang buruk, sehingga lebih rentan terhadap infeksi bakteri.

Penyebab Nyeri Dan Kram Setelah Berhubungan Intim Saat Hamil

Perasaan ingin buang air kecil saat berhubungan seks juga bisa menjadi tanda wanita akan mencapai klimaks. Lantas, bagaimana cara membedakan keinginan buang air kecil dengan gejala orgasme?

Saat Anda merasa ingin buang air kecil saat berhubungan seks, cobalah menahannya beberapa saat. Jika Anda merasakan sakit saat memegangnya, itu tandanya Anda harus segera ke kamar mandi.

Jika Anda tidak merasakan nyeri saat tidak ingin buang air besar, mungkin itu tandanya orgasme. Pada beberapa wanita, orgasme berupa air jernih mirip urin, namun jumlahnya lebih sedikit.

Jadi jangan menahan diri jika memang ingin buang air kecil saat berhubungan seks, ya. Kebutuhan untuk buang air kecil dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk infeksi saluran kemih.

Gejala Kanker Serviks Yang Perlu Diwaspadai

Jumlah bakteri di kandung kemih bisa meningkat jika Anda menggunakan urin dalam jangka waktu lama. Akibatnya, risiko Anda terkena ISK meningkat.

Sering buang air kecil juga dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada kandung kemih atau ginjal. Nyeri sering terjadi saat buang air kecil.

Penyebabnya karena otot yang masih tegang sehingga membuat tulang anggota badan menjadi kaku dan nyeri. Selain itu, terlalu sering buang air kecil dapat merusak otot usus dan menyebabkan penyakit ginjal.

Oleh karena itu, jika keinginan buang air kecil saat berhubungan intim bukan disebabkan oleh orgasme, segeralah ke kamar mandi untuk buang air kecil.

Miss V Perih Setelah Berhubungan Seksual? Ini Penyebabnya

Jika keinginan untuk buang air kecil saat berhubungan seks cukup mengganggu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

See also  Jenis Ubi Yang Baik Untuk Diet

Cara mengatasi keinginan buang air kecil yang terus-menerus saat berhubungan seks adalah dengan membiasakan buang air kecil sebelum berhubungan seks. Kemudian lakukan senam Kegel secara rutin dengan mengencangkan otot dasar panggul, tepat saat Anda buang air kecil. Tahan selama sekitar lima detik lalu rileks. Ulangi lagi dan lagi untuk hasil yang lebih baik.

Jika ingin buang air kecil terlalu sering meski tidak berhubungan seks, #JagaSehatAnda, segera hubungi dokter urologi. Konsultasi lebih praktis menggunakan fitur Tanya Dokter pada aplikasi. Penyebab nyeri berulang setelah berhubungan seks Diterbitkan: 24 Februari 2019 Terakhir diubah: 12 Oktober 2020 Diselenggarakan pada 16 Juli 2019 Waktu: 3 menit

Pasangan muda yang baru menikah tentu mengharapkan hubungan kekeluargaan yang romantis. Seks merupakan hobi yang tidak boleh dilewatkan.

Cara Mengatasi Sakit Perut Bagian Bawah Setelah Berhubungan

Namun, sebagian wanita mengalami kecemasan yang menimbulkan perasaan yang tidak diinginkan saat atau setelah berhubungan seks, yaitu nyeri. Ada penyebab nyeri yang dimulai dari penyakit yang mendasari atau akibat psikologis, yang akan kita bahas di bawah ini.

Nyeri setelah berhubungan intim biasanya disebabkan oleh dua jenis kelainan, yang pertama adalah kelainan pada alat kelamin wanita, dan yang kedua disebabkan oleh faktor psikologis yang dialami wanita akibat pertama kali berhubungan intim.

Merasakan nyeri saat atau setelah berhubungan intim membuat orgasme terhambat, sehingga klimaks tidak bisa tercapai. Kondisi ini penting untuk diperhatikan oleh pasangan muda karena dapat mempengaruhi keutuhan keluarga.

Nyeri seksual dapat diobati baik secara fisiologis maupun psikologis. Pendekatan psikologis, baik dengan dokter atau pasangan, dapat memperbaiki gangguan psikologis yang mengganggu seperti vaginismus dan vulvodynia.

Ini Alasan Pria Dan Wanita Harus Buang Air Kecil Sebelum Dan Sesudah Berhubungan Seks

Metode dan konseling yang baik dapat meningkatkan rasa percaya diri dan pentingnya aktivitas intim pada pasangan suami istri. Hal lainnya adalah nyeri vagina yang disebabkan oleh infeksi vagina.

Untuk memastikan kondisi tersebut, dokter akan melakukan pemeriksaan seperti: tes KOH, pemeriksaan serviks dan tes kesehatan lainnya untuk mencari virus, bakteri atau jamur penyebab nyeri pada vagina setelah berhubungan seks.

Tim editorial berkomitmen untuk selalu mendapat informasi

Rasa nyeri setelah berhubungan intim, kenapa nyeri saat berhubungan intim, sakit buang air kecil setelah berhubungan intim, nyeri saat berhubungan intim, kenapa setelah berhubungan buang air kecil terasa nyeri, nyeri saat buang air kecil setelah berhubungan, saat berhubungan intim terasa nyeri, perih saat buang air kecil setelah berhubungan intim, nyeri setelah berhubungan intim, nyeri buang air kecil setelah berhubungan, sering buang air kecil setelah berhubungan intim, cara mengatasi buang air kecil terus menerus setelah berhubungan intim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *