Operasi Kelenjar Tiroid Di Leher

Operasi Kelenjar Tiroid Di Leher – Salah satu pasien, Anna Marlina Simangkalit (38), mengalami pembengkakan kelenjar tiroid dan harus menjalani dua kali operasi. Namun Anna mengembuskan napas terakhirnya sebulan setelah perawatan.

Faktanya, Anna telah mengalami simpul di lehernya selama tiga tahun terakhir. Namun, pada tanggal 20 Februari, Anna Pada hari Rabu 2013, dia tiba di rumah sakit. Menurut suami Anna, Pandapotan Manurung, usai mendaftar di loket salah satu rumah sakit di kawasan Jakarta Timur, keduanya diarahkan ke ruang operasi untuk menemui dokter bedah. . . Sesampainya di kamar, dokter meletakkan tangannya di leher istrinya dan memeriksanya.

Operasi Kelenjar Tiroid Di Leher

“Saat istri saya menelannya, dia sakit dan harus menelan ludah. Setelah itu dokter langsung mendiagnosis istri saya menderita penyakit kelenjar tiroid,” ujarnya saat ditemui di rumahnya di Pandapotan. Orangtuanya di Jalan Pancawardi. Kayu Putih Pulogadung Jakarta Timur Selasa (22/4/13).

Luka Baru Sembuh Leher Setelah Operasi Tiroid — Stok Foto © Montypeter #460320798

Pandapotan kemudian mengatakan dokter menyarankan operasi pengangkatan massa tersebut. Pandapotan menanyakan risiko yang mungkin terjadi setelah operasi. Menurut dokter, pasien hanya perlu meminum obat tersebut seumur hidupnya. Tapi kalau tidak dioperasi, kemungkinannya lebih besar.

Pada waktu itu, Dokter mengatakan tiroid bisa berubah menjadi kanker dan menyebar ke bagian tubuh lain. Selain itu, tubuh menjadi lemah saat lahir, dan anak yang dilahirkan menjadi kerdil. “Makanya saya dan istri akhirnya menyetujui operasi tersebut,” ujarnya.

Sebelum dioperasi, dokter melakukan serangkaian tes kesehatan dan menyatakan sang istri siap menjalani operasi. Namun, Saya menjalani operasi pada (11/3/2013) tanpa didampingi beliau karena saya sedang mengurus KJS (Kartu Jakarta Sehat).

“Saya tiba ketika operasi selesai. Saya bertemu dengan staf ruangan di IBS dan mereka memberi saya sebotol kecil bakso untuk dikirim ke laboratorium rumah sakit.” Pejabat itu memberi tahu istri saya. Dia dipindahkan ke rumah sakit dan dalam kondisi tidak sadarkan diri,” ujarnya.

Lucinta Luna Lakukan Operasi Potong Leher Untuk Hilangkan Jakun, Operasi Apa Itu? Halaman All

Pandapotan menjadi bingung karena tidak mendapat penjelasan dari dokter setelah operasi dan istrinya terbangun. Pada akhirnya, Anna tidak bisa makan atau minum karena sakit di sekitar lehernya.

Bukannya membaik, penderitaan istrinya malah semakin parah. Pandapotan akhirnya meminta bertemu dengan dokter yang merawat istrinya untuk menjelaskan kondisi istrinya. Dalam pelantikan tersebut, Kata dokter, operasi kedua karena bekuan darah, yang pertama karena saluran tiroid tersumbat.

“Setelah operasi kedua, dokter memberi tahu saya bahwa setelah operasi pengangkatan tiroid pertama, makanan dan saluran pernapasan saya menjadi tipis. Kemudian, ketika saya makan setelah operasi, leher saya sakit dan kerongkongan saya pecah,” jelasnya.

See also  Learn Indonesian Language Online Free

Dokter juga mengatakan bahwa tiroid istrinya telah memburuk dan menempel pada makanan dan saluran pernafasannya.

Jenis Jenis Penyakit Tiroid: Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Kondisi Anna memburuk. Pandapotan mengirimkan surat ke rumah sakit. Dokter akhirnya menemui pihak keluarga dan berjanji akan mendatangkan dokter RSCM untuk merawat Anna dari rumah sakit.

“Istri saya diminta pindah karena fasilitas di rumah sakit kurang. Tapi itu tidak boleh dan kami yakin akan ada dokter RSCM yang datang,” imbuhnya.

Namun dokter tidak kunjung datang dan kondisi Anna semakin memburuk hingga ia mengalami koma. Anna akhirnya meninggal dunia pada Rabu (23/3/2013).

“Pihak rumah sakit tidak menepati janji hingga kondisi istri saya tidak stabil dan akhirnya meninggal dunia,” ujarnya. (Ahem/Mei)

Apa Itu Tiroid? Mengenal Fungsi Penting Kelenjar Tiroid Dalam Metabolisme Tubuh

* Kebenaran atau tipuan? Jika Anda ingin mengetahui kebenaran informasi yang beredar, tuliskan kata kunci yang Anda inginkan pada nomor WhatsApp Verifikasi Fakta 0811 9787 670. Tirektomi, atau operasi tiroid, adalah prosedur medis untuk mengangkat sebagian atau seluruh kelenjar tiroid. Indikasi untuk prosedur ini adalah benjolan kanker di kelenjar karena alasan kosmetik. Jika Anda menderita hipertiroidisme (penyakit Graves, tumor jinak kelenjar tiroid) dan kesulitan menelan atau bernapas akibat pembesaran kelenjar tiroid. . Jenis operasi pengangkatan kelenjar tiroid berbeda-beda, tergantung pada jaringan dan metode yang digunakan.

Kemungkinan komplikasi dari prosedur ini termasuk cedera saraf laring berulang; kadar kalsium darah rendah (jika kelenjar paratiroid di belakang kelenjar tiroid terluka atau diangkat); Infeksi dan pendarahan di lokasi operasi.

Tirektomi dilakukan untuk berbagai indikasi. Indikasi utamanya adalah seseorang terdiagnosis kanker tiroid. Selain itu, disfagia (kesulitan menelan) pada penderita benjolan di kelenjar tiroid atau gondok. sesak napas (sesak napas); Ada tanda-tanda klinis seperti sesak napas dan/atau suara serak. Karena tekanan kelenjar tiroid yang sangat besar. Tirektomi juga dapat dilakukan pada pasien dengan penyakit Graves yang sulit menghentikan pengobatan. Tiroidektomi juga dapat dilakukan untuk alasan kosmetik jika kelenjar tiroid terlalu besar.

Tirektomi total, berdasarkan pengangkatan jaringan lobektomi; Ini dibagi menjadi tirektomi subtotal dan istmusektomi. Pada tirektomi total, seluruh kelenjar tiroid diangkat; Dalam lobektomi, hanya sebagian kelenjar tiroid yang diangkat (hanya satu dari dua lobus kelenjar tiroid); Tiroidektomi total mengangkat sebagian besar kelenjar tiroid untuk membuatnya lebih kecil. Kelenjar. Pada operasi payudara unilateral, hanya bagian tengah kelenjar tiroid yang diangkat.

Nyeri Dan Bengkak Usai Operasi Tiroid Tanpa Sayatan Bakal Hilang Sendiri

Berdasarkan metode pembedahannya, kistektomi merupakan metode bedah tiroid tradisional. Ada tiga jenis operasi kandung kemih dan operasi kandung kemih internal. Pada terapi bedah konvensional, dibuat sayatan berukuran 5-12 cm di tengah leher, sehingga tirogland dapat langsung diakses dan diangkat. Tirektomi endoskopi menggunakan selang dengan ruang kecil dan hanya memerlukan sayatan sepanjang 0,5–1 cm. Tirektomi transoral disebut juga bedah tanpa bekas luka atau teknik bedah tanpa bekas luka karena tidak memerlukan sayatan di leher.

See also  Pelatihan Prakerja Yang Mudah Dan Cepat Tanpa Webinar

Seperti halnya prosedur invasif, Prosedur pembedahan memiliki komplikasi yang dapat terjadi selama dan setelah operasi. Komplikasi umum dari operasi pengangkatan kelenjar tiroid adalah pendarahan dan infeksi. secara khusus, Komplikasi dari prosedur ini termasuk rendahnya kadar kalsium dalam darah (hipokalsemia); kesulitan bernapas (masalah ini jarang terjadi); Iritasi saraf laring. akan melakukan. suara serak dan bisu permanen; batuk kesulitan menelan; Hal ini menyebabkan kerusakan saraf yang dapat menyebabkan kesulitan berbicara dan perubahan suara lainnya. Kelenjar parotis adalah yang terbesar dari tiga kelenjar ludah utama yang berpasangan dan terletak di depan dan di bawah telinga. bersama dengan kelenjar submandibular dan sublingual; Dua kelenjar ludah berpasangan utama mengeluarkan air liur ke dalam mulut.

Kelenjar ludah utama lainnya, parotis, dapat terinfeksi oleh virus atau bakteri; Pembengkakan dapat terjadi karena berbagai alasan, yang paling umum adalah batu dan pembengkakan. Kondisi di atas seringkali bersifat sementara, tidak berbahaya, dan pada sebagian besar kasus dapat diatasi dengan perawatan medis, kecuali batu parotis, yang mungkin memerlukan pengangkatan melalui pembedahan.

Kelenjar parotis dapat berkembang menjadi tumor atau neoplasma. Biasanya muncul sebagai benjolan leher yang tidak menimbulkan rasa sakit di sudut rahang atau di bawah telinga. Tumor juga dapat timbul dari kelenjar submandibular dan sublingual (masing-masing terletak di bawah rahang dan di bawah lidah), namun tumor ini lebih jarang terjadi dibandingkan kelenjar parotis.

Pembesaran Tiroid Bisa Ditangani Dengan Operasi Tanpa Sayatan

Evaluasi tumor parotis biasanya memerlukan CT atau MRI dan biopsi aspirasi jarum halus (FNAB). Investigasi ini memberikan penilaian yang baik mengenai apakah suatu tumor jinak atau kanker dengan akurasi sekitar 80 hingga 90%. Sebagian besar tumor parotis bersifat jinak, antara 75 hingga 80%, dan 40 hingga 50% tumor kelenjar submandibular bersifat ganas. Karena itu, Kecuali fakta bahwa tumor jinak tumbuh seiring waktu dan sebagian kecil dapat berubah menjadi kanker selama bertahun-tahun, sebagian besar pengobatan untuk tumor parotis dan submandibular adalah melalui pembedahan.

Operasi pengangkatan tumor parotis yang paling umum dilakukan adalah PAROTIDEKTOMI SUPERFICIAL karena mengangkat tumor dan seluruh kelenjar parotis secara utuh.

See also  Apk Hello Yo Versi Lama

Operasi parotis merupakan operasi besar dan sangat penting karena memerlukan pembedahan saraf wajah secara hati-hati dan menyeluruh untuk mengangkat kelenjar parotis. Saraf wajah merupakan saraf penting yang muncul dari dasar tengkorak, melintasi pulpa kelenjar parotis, dan terbagi menjadi lima cabang atau lebih yang mempersarafi otot-otot aktif wajah. Otot-otot ini menutup kelopak mata; mengerutkan kening Ini mempengaruhi tindakan seperti tersenyum dan bernapas. Jalannya saraf wajah dan cabang-cabangnya membagi kelenjar parotis menjadi lobus superfisial dan lobus dalam, karena sebagian besar tumor terletak di lobus superfisial. Parotidektomi superfisial adalah prosedur pembedahan yang tepat. Jika pembedahan dilakukan oleh ahli bedah parotis berpengalaman, risiko kerusakan permanen pada saraf wajah kurang dari 1%. Dalam kasus dimana tumor terletak di lobus dalam parotis; Hal ini dilakukan lagi dengan membuang lobus superfisial dan dalam serta membedah saraf wajah dan semua cabang periferalnya secara hati-hati dalam prosedur yang disebut PAROTIDEKTOMI TOTAL.

Biasanya Operasi kelenjar parotis dilakukan melalui sayatan besar yang dimulai di atas telinga dan melengkung ke bawah leher, yang disebut sayatan Blair yang dimodifikasi. Alasan dilakukannya operasi besar ini adalah untuk secara hati-hati mengidentifikasi dan memotong saraf wajah di dasar tengkorak melalui kelenjar.

Kenali Kondisi Hipertiroid Yang Membahayakan Jantung

Baru-baru ini, Operasi yang lebih estetis yang disebut sayatan facelift yang dimodifikasi telah dikembangkan untuk mengangkat tumor parotis. Operasi ini juga dimulai di bagian atas telinga; Namun alih-alih di leher, tekuk bagian belakang telinga untuk melanjutkan ke garis rambut. Sayatan ini praktis tidak terlihat setelah penyembuhan total dan lebih menyenangkan bagi pasien. Meskipun pasien harus berhati-hati dengan pendekatan ini, sayatan facelift yang dimodifikasi secara rutin dilakukan untuk sebagian besar pasien yang memerlukan pembedahan parotis.

Pemulihan dari operasi parotis berlangsung cepat. Bicaralah dengan pasien secara teratur, biasanya dalam satu atau dua hari setelah operasi. menelan Setelah tindakan wajah gugup dan setelah operasi, mereka dipulangkan dengan sedikit rasa sakit. Tiroid berbentuk lembut dan kupu-kupu di tengah leher. Hormon memainkan peran penting dalam membuat sistem operasi beroperasi.

Cara menghilangkan kelenjar tiroid di leher, penyebab kelenjar tiroid di leher bengkak, biaya operasi kelenjar tiroid, biaya operasi kelenjar tiroid di leher, pengobatan kelenjar tiroid di leher, obat alami kelenjar tiroid di leher, penyebab kelenjar tiroid di leher, obat kelenjar tiroid di leher, gejala kelenjar tiroid di leher, penyakit kelenjar tiroid di leher, kelenjar tiroid di leher, pengobatan kelenjar tiroid tanpa operasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *