Urutan Petunjuk Mencuci Tangan Yang Benar Adalah

Urutan Petunjuk Mencuci Tangan Yang Benar Adalah – Apakah Anda memahami 6 langkah mencuci tangan dengan benar? Berikut ulasannya! Diposting oleh: I Gede Prawira Santosa 12 April 2020 20:04:57 WITA

Sebagai bagian dari Gerakan Bersih dan Sehat, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Tindakan sederhana ini sangat penting, apalagi di masa pandemi Covid-19.

Urutan Petunjuk Mencuci Tangan Yang Benar Adalah

Kombinasi berbagai faktor, mencuci tangan tidak hanya “membersihkan” tangan, tetapi juga membunuh kuman, bakteri, atau virus penyebab penyakit yang ditularkan melalui tangan.

Safety Story: Belajar Mencuci Tangan Dengan Benar

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) atau World Health Organization menganjurkan agar cuci tangan dilakukan sesuai standar WHO menurut 6 metode yang benar dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pertama, rapatkan kedua tangan Anda. Cuci tangan Anda sampai sabun yang Anda gunakan terlihat seperti busa.

Langkah selanjutnya adalah menggosok sela-sela jari kedua tangan. Caranya, silangkan jari di antara jari tangan kiri dan jari tangan kanan.

Kemudian usap jari Anda dengan ibu jari tangan kiri dengan gerakan memutar pada tangan kanan dan sebaliknya dengan ibu jari tangan kanan.

Langkah Cuci Tangan Yang Benar Menurut Who Yaitu

Langkah selanjutnya adalah membersihkan kuku dan menyatukan ujung-ujung jari lalu menggulungnya di sekitar telapak tangan Anda yang lain. Lakukan proses ini secara bergantian.

Setelah selesai, dia akan mencuci kedua tangannya dengan air mengalir hingga busanya hilang. Lalu keringkan dengan handuk atau kain bersih. 6 langkah mencuci tangan ini juga berlaku saat menggunakan hand sanitizer. Salah satu anjuran praktik kebersihan tangan (PHBS) yang baik untuk kesehatan dan kebersihan adalah mencuci tangan. Perilaku ini hendaknya menjadi kebiasaan yang sangat baik, karena selain sehat dan bersih, agama juga mengajarkan.

See also  Soundtrack Lord Of The Rings

Tangan adalah cara terbaik untuk menularkan penyakit, karena terbiasa menyentuh benda-benda yang seringkali tidak kita ketahui kebersihannya. Contohnya ketika kita menyentuh gagang pintu atau gagang mobil, kita tidak tahu apakah ada infeksi (virus/bakteri HIV) yang menempel disana, apakah tertular oleh orang yang batuk/bersin dan menyentuhnya dengan tangan. . Kemudian tangan kita yang memegang gagang pintu menutup mulut kita ketika kita makan atau minum. Jelas ada sistem rujukan. Jika daya tahan tubuh kita lemah saat itu, kita akan mengalami gejala yang sama selama masa inkubasi.

Mencuci tangan diprioritaskan pada saat-saat penting, antara lain sebelum makan, setelah buang air besar, sebelum memegang makanan, sebelum memberi/menyiapkan susu formula, dan setelah bekerja.

Poster A3plus 7 Langkah Mencuci Tangan

Sebagai kebiasaan yang baik, kita perlu mencuci tangan dengan benar, sehingga kita dapat yakin bahwa seluruh bagian tangan telah dicuci dan benar-benar bersih. Urutan langkah-langkah ini diperlihatkan dalam publikasi berikut:

Gambar di atas merupakan panduan langkah demi langkah cara mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Jika kita tidak mempunyai sabun dan air, kita bisa menggunakan produk berbahan dasar alkohol yang biasa disebut hand sanitizer. Prosesnya mirip dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air, cukup dimulai dengan memercikkan air secukupnya ke tangan – Pemerintah sedang mencanangkan kampanye 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjauhi atau menjauhi orang. Masyarakat diharapkan mengikuti setidaknya tiga rekomendasi untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

Kebersihan adalah cara terbaik untuk mencegah penyebaran Covid-19. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk sering mencuci tangan. Namun masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam mencuci tangan sehingga tidak mampu melindungi diri dari kuman seperti virus corona.

See also  Cara Mengembalikan Data Backup Android

Kebanyakan orang mencuci tangan dalam waktu singkat, yaitu hanya enam detik. Faktanya, menurut penelitian dari Centers for Disease Control, dibutuhkan setidaknya 20 detik (20-60 detik) agar mencuci tangan efektif membunuh bakteri dan virus.

Tips Mencuci Baju Yang Benar

Untuk kebersihan tangan, mencuci busa atau punggung tangan saja tidak cukup. Kuku jari tangan dan kaki seringkali menjadi tempat berkembang biaknya virus dan bakteri. Oleh karena itu, disarankan agar Anda selalu menyeka seluruh bagian tangan, punggung tangan, sela-sela jari dan kuku untuk menjaga kebersihan.

Memastikan tangan kering sebelum mandi dapat mencegah risiko penularan virus ke tangan yang bersih.

Mencuci tangan biasanya dilakukan setelah melakukan aktivitas lain, seperti sebelum atau sesudah menyiapkan makanan, setelah dari kamar mandi. Di masa pandemi COVID-19, mencuci tangan sebaiknya dilakukan sesering mungkin, terutama saat meninggalkan dan menyentuh tempat umum. .

Air saja sudah sangat efektif menghilangkan bakteri yang menempel di tangan. Untuk memanfaatkan hal tersebut, #Mulailah mencuci dengan sabun dan air mengalir sangat efektif melawan kuman dan bakteri termasuk virus corona.

Bahan Ajar Selasa, 10 Jan 2023

Setelah mencuci tangan, kita sering melakukan hal lain, termasuk mematikan keran wastafel. Faktanya, penetrasi dalam yang kita lakukan bisa jadi tidak higienis dan juga dapat membuat tangan Anda terkena bakteri atau virus. Coba buka keran dengan siku atau gunakan tisu toilet. Salah satu kunci pencegahan penyebaran Covid-19 adalah dengan mencuci tangan dengan baik dan teratur. Seperti kita ketahui, tangan adalah cara terbaik untuk menyebarkan penyakit.

Misalnya saja ketika Anda mempunyai pegangan pintu atau handle pintu rumah atau mobil Anda, Anda tidak mengetahui apakah ada virus atau bakteri yang menempel pada pintu tersebut.

See also  Cara Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan 1 Minggu

Pasalnya, sebelum menyentuh tangan, ada kemungkinan tangan tersebut disentuh oleh orang yang batuk atau bersin.

Jelas bahwa ada rencana untuk mengatasi penyakit ini yang dapat membantu. Jika daya tahan tubuh Anda lemah saat itu, maka Anda akan mengalami gejala yang sama selama masa inkubasi.

Infografis: Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan Yang Benar

Waktu yang paling penting untuk mencuci tangan adalah saat keluar dari toilet, sebelum makan, sebelum makan, sebelum mulai menyusui atau menyiapkan susu untuk bayi, dan setelah bekerja.

Namun tanpa kita sadari masih banyak dari kita yang melakukan kesalahan #mencucitangan. Oleh karena itu, upaya pencegahan penyebaran virus tidak berhasil.

Meskipun mencuci tangan itu sederhana dan mudah, namun terdapat kesalahan dalam praktiknya. Kesalahan ini akan menimbulkan masalah baru.

Untuk membiasakan mencuci tangan, Anda harus mengikuti tata cara yang baik dan benar. Hal ini untuk memastikan seluruh tangan Anda bersih.

Cara Membuat Sabun Cuci Cair

Ingat pesan ibu untuk nonton 3W, wajib pakai masker, cuci tangan pakai sabun dan menjauhi.

Urutan haji yang benar adalah, urutan umroh yang benar adalah, cara mencuci tangan yang benar, urutan mencuci tangan yang benar, urutan mencuci tangan yang benar adalah, urutan cara mencuci tangan yang benar adalah, petunjuk mencuci tangan, mencuci tangan yang benar, urutan mencuci tangan dengan benar, tuliskan petunjuk cara mencuci tangan yang benar, petunjuk mencuci tangan yang benar, petunjuk cara mencuci tangan yang benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *